Produksi Vaksin Covid-19

Prof. Mulyanto (Suara NTB/nas)

GUBERNUR NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., menantang Laboratorium Hepatika NTB dan Universitas Mataram (Unram) untuk membuat vaksin Covid-19. Sementara, PT. Hepatika NTB mengatakan NTB bisa membuat vaksin Covid-19, namun terkendala dana yang dibutuhkan cukup besar dan persoalan pasar.

Tantangan tersebut disampaikan Gubernur kepada Direktur PT. Hepatika Mataram, Prof. Dr. dr. Mulyanto disela-sela launching produk rapid test antigen “Enram” buatan NTB di Kantor Gubernur, Kamis, 25 Februari 2021.

Iklan

Gubernur mendapatkan penjelasan dari Prof. Mulyanto bahwa dana yang dibutuhkan untuk pembuatan vaksin Covid-19 mencapai ratusan miliar. Jika Hepatika bisa membuat vaksin Covid-19, Gubernur mengatakan akan mencarikan dana awal sekitar Rp10 – 20 miliar.

“Masa vaksin saja kita beli dari China, Amerika. Kalau Hepatika bisa bikin, kita cari dana Rp10 – 20 miliar, untuk awal. Kalau ternyata sukses, kita bisa mengundang Pemerintah Pusat untuk berkontribusi,” kata Gubernur.

Artinya, kata Gubernur, terpenting ada quick win atau langkah inisiatif yang mudah dan cepat. Jika Pemerintah Pusat melihat ini sukses maka akan bisa mendapatkan dukungan pendanaan.

“Kalau ada time line terukur, kita bisa carikan dananya. Siapa tahu kita bisa jualan vaksin juga,” harap Gubernur.

Direktur PT. Hepatika NTB, Prof. Dr. dr. Mulyanto mengatakan pihaknya bisa membuat vaksin Covid-19. Namun, pihaknya belum berani karena dana yang dibutuhkan cukup besar.

“Tempo hari saya membuat vaksin untuk hepatitis B. Tapi pengembangannya kami setop karena tidak cukup mampu dari segi finansial. Untuk vaksin Covid-19 ini butuh dana ampai ratusan miliar,” katanya.

Menurut Prof. Mulyanto, NTB bisa membuat vaksin Covid-19. Apalagi Unram memiliki peneliti yang banyak. “Cuma, masalah dana. Dan kalau sudah jadi, orang mau beli atau ndak.  Kendalanya pasar, terutama,” sebutnya.

Untuk pembuatan vaksin Covid-19, kata Prof. Mulyanto, membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 tahun. Untuk uji klinis membutuhkan waktu sekitar enam bulan. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional