Produksi Tembakau Rajangan Lotim Masih Progresif

Petani di Lotim sedang menjemur tembakau yang baru saja dirajang. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Produksi tembakau rajangan atau tembakau tradisional di Lombok Timur (Lotim) masih cukup progresif.  Rajangan bahkan dinilai menjadi pilihan selain tembakau virginia yang cukup fluktuatif.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Lotim, H. Abadi saat ditemui di Selong, Senin, 1 Maret 2021. Ada beberapa varietas tembakau rakyat ini masih digemari oleh para penikmat tembakau. Antara lain ada jenis tembakau Senang yang diproduksi di sebuah Dusun di Desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya. Meski diproduksinya terbatas, namun tembakau ini cukup diburu.

Iklan

Selain itu ada tembakau kasturi yang juga diincar para penikmat tembakau tradisional. Lotim memiliki tempat-tempat sentra produksi tembakau dengan rasa khas. “Ada banyak pilihan jenis tembakau yang diproduksi petani,” imbuhnya.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Lotim, Marepudin menambahkan, potensi lahan tempat menanam tembakau rajangan di Lotim seluas 8.634 Ha. Jumlah ini katanya terus bertambah. Pasalnya, tembakau virginia pun saat ini sudah ada yang mulai dirajang seperti yang dilakukan PT Sadhana Arifnusa sebagai salah satu perusahaan mitra petani.

“Tembakau rajang ini masih cukup digemari petani,” terangnya lagi.  Pengembangan rajangan ini pun mendapat atensi dari pemerintah provinsi NTB. Tahun 2021 ini, petani tembakau rajangan Lotim dapat bantuan mesin rajang untuk 10 kelompok.

Adapun produksi tembakau rajang di Lotim ini saat ini tercatat sebesa 10.944 ton lebih.  Produksi tembakau rajang se Lotim dilakukan oleh sekitar 16 ribu petani yang tersebar di seluruh Lotim. Diibandingkan tembakau virginia, produksi tembakau rajang lebih kecil. Virginia ini masih menjadi pilihan utama petani tembakau. Luas lahan tembakau virginia Lombok saat ini mencapai 11 ribu ha. Tidak semua produksi tembakau ini diarahkan ke rajang karena petani masih banyak menginginkan pengomprongan. “Kalau dirajang semua, mau dikemanakan oven-oven tembakau virginia ini,” sebutnya. Jumlah oven tembakau virginia Lombok ini di Lotim 6.106 oven. Jumlah ersebar di seluruh Lotim. Terdapat  24 perusahaan mitra petani. (rus)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional