Produk Kerajinan Warga Monjok Barat akan Dipamerkan di Arena MTQ Nasional

Mataram (suarantb.com) Beberapa jenis kerajinan hasil kreasi warga Kelurahan Monjok Barat, Kecamatan Selaparang akan dipamerkan di arena pameran MTQ Nasional. Lurah Monjok Barat, Mulya Hidayat menyampaikan ada beberapa jenis kerajinan hasil kreasi warganya yaitu kaos dan kerajinan miniatur hewan dari papan.

“Dari usaha mikro, remaja kami ada yang membuat kerajinan untuk bisa ditampilkan di area pameran,” ujarnya kepada suarantb.com, Rabu, 27 Juli 2016.

Iklan

Mulya menyampaikan remaja Lingkungan Karang Kelok Baru membuat kaos khusus untuk perhelatan MTQ Nasional ke-26. Kaos ini diharapkan dapat menjadi oleh-oleh atau suvenir bagi para peserta MTQ yang datang ke Kota Mataram. Para remaja yang mengkreasikan pembuatan kaos ini memberi label produknya dengan nama KKB (Kata-Kata Bijak) atau akronim dari nama lingkungan tersebut.

Selain kaos, ada juga miniatur hewan seperti belalang, udang, dinosaurus, dan lainnya yang dibuat dari papan kayu. Miniatur hewan yang dirangkai dari potongan-potongan kecil papan ini diletakkan dalam sebuah wadah kaca. Miniatur ini disebutkan Mulya merupakan karya dari kelompok Mobar Creative. Produksi kerajinan ini telah berjalan lama dan akan berkelanjutan.

Pada awalnya warga Monjok Baru ini kesulitan mendapatkan stan untuk memamerkan produk mereka. Mulya mengatakan pihaknya sempat berkoordinasi dengan APKLI Kota Mataram maupun Dinas Koperindag (Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan) Kota Mataram, namun hasilnya nihil. Jika menempati arena pameran khusus yang menggunakan uang sewa, ia mengaku tak mampu.

“Kalau tidak bisa di dalam mungkin bisa dikasih tempat di luar tenda utama, sisa lahan kan bisa dimanfaatkan selama ditata dengan rapi,” jelasnya. Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram, Mulya mengatakan produk kerajinan Monjok Barat akan diberikan tempat di stan milik Disbudpar. “Barusan saya dapat tempat, bergabung dengan Dinas Pariwisata,” pungkasnya. (ynt)

  Keindahan Matahari Tenggelam di Pantai So Dau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here