Prestasi Korem 162/WB Jadi Kado HUT TNI Ke-74

Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – TNI kiprahnya sejak 74 tahun,  mengalami dan menghadapi berbagai persoalan seiring perubahan situasi. Inilah yang telah membuat TNI semakin dewasa dalam pengabdiannya sebagai alat negara bidang pertahanan, seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

 

Iklan

Khusus di Provinsi NTB, jajaran TNI bersinergi kuat. Terdiri dari Korem 162/Wira Bhakti (WB) dengan jajaran Kodim baik di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa, TNI AL melalui Lanal Mataram,  TNI AU  melalui Lanud ZAM Rembiga.

 

Korem 162/WB melalui kendali Komandan Korem Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, banyak torehan prestasi dalam melaksanakan tugas pokoknya. Khusus Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Korem 162/WB sebagai kompartemen strategis yang berada di bawah Kodam IX/Udayana mengomandoi beberapa satuan.  Di antaranya, tujuh satuan Kodim, satu Batalyon Infanteri, satu SSK Batalyon Zeni Tempur, serta beberapa satuan di bawah kendali operasi satuan dinas jawatan untuk membantu tugas-tugas Korem 162/WB.

 

“Seperti kita ketahui bersama, selain melaksanakan program pembinaan territorial, baik geografi, demografi dan kondisi sosial atau dikenal dengan aspek Asta Gatra, Korem juga  dalam upaya pemberdayaan potensi wilayah pertahanan aspek darat untuk membentuk ruang, alat dan kondisi yang tangguh dalam rangka mengantisipasi setiap bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik dari dalam maupun luar negeri,” kata Danrem ditemui di sela sela gladi bersih persiapan HUT TNI di Kantor Gubernur NTB, Jumat, 4 Oktober 2019.

 

Dalam kondisi damai, lanjutnya, Korem 162/WB selama ini mendukung tugas pokok Kodam IX/Udayana dan non program, baik dari satuan atas maupun dalam rangka membantu masyarakat, pemerintah daerah dan Polri.  Ini mengacu kepada Undang Undang TNI Nomor 34,  Korem 162/WB telah banyak memberikan kontribusi positif dalam penanganan permasalahan sosial yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat.

 

“Seperti, penanganan konflik antarwarga masyarakat, pembinaan maupun penanganan secara soft terhadap mantan kelompok kelompok yang terindikasi radikal untuk kembali sadar,” ujarnya.

 

Sukses Pengamanan VVIP

 

Begitu juga dengan Pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden dan Wakil Presiden di wilayah NTB, dipastikan berjalan aman dan lancar.  Menurutnya, yang paling membanggakan adalah Korem 162/WB mampu dengan sangat baik memberikan bantuan kemanusiaan pada bencana alam gempa bumi mulai dari tahap tanggap darurat.

 

Mulai dari tahap pemulihan dan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, sebagaimana sedang berlangsung saat ini. Terjunnya TNI banyak mendapat apresiasi dari Presiden RI, Wakil Presiden, serta Kementerian atas prestasi kerja pencapaian pembangunan Rumah Tahan Gempa (RTG) yang sudah mencapai 174.880 unit.

 

“Sehingga Alhamdulillah, ratusan ribu keluarga terdampak gempa sudah kembali hidup normal tinggal di RTG yang telah jadi,” ungkapnya.

 

Selain itu, membantu tugas Polri dalam menjaga dan memelihara stabilitas keamanan di wilayah dengan berapa kali mencegah terjadi konflik yang lebih besar. Sebab menurutnya, gesekan antara kelompok masyarakat dengan membantu memberikan solusi, sehingga dapat diselesaikan dengan baik.

 

Korem 162/WB juga membantu pengamanan Pemilu baik DPR RI, DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota dan DPD RI. Paling berkesan menurutnya,  pengamanan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang berlangsung aman dan lancar. Di mana, Provinsi NTB termasuk dalam lima daerah paling kondusif selama Pilpres dan Pileg 2019.

 

Bidang Teritorial

 

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan dalam bidang pembinaan teritorial yakni melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial, karya bhakti dan bakti sosial di seluruh satuan Kodim jajaran. TNI melaksanakan pembinaan generasi muda, baik pelajar, mahasiswa serta masyarakat melalui kerjasama dengan pihak terkait dengan memberikan pembekalan bela negara, wawasan kebangsaan, pelatihan-pelatihan kepada Mahasiswa baru, seperti Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Menwa, Pramuka, santri santri di Pondok Pesantren dengan harapan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, rasa cinta tanah air dan  bela negara di semua lini kehidupan masyarakat NTB.

 

Selain itu, kegiatan bakti sosial melalui karya bhakti yang telah dilaksanakan baik sasaran fisik maupun non fisik. Seperti melakukan kegiatan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat di wilayah, agar terjalin hubungan yang kuat antara Korem 162/WB dengan seluruh Komponen masyarakat di daerah.

 

Dalam bidang olahraga, melakukan pembinaan atlet pada berapa cabang olahraga (cabor) dengan menggelar event-event kejuaraan maupun pertandingan untuk mencari bibit baru yang berprestasi, baik di tingkat daerah, tingkat nasional maupun internasional.

 

Seperti, atlet renang Tristania Chintya Dewi dari Wira Bhakti Swimming Club (WBSC) maupun atlet tenis lapangan melalui Wira Bhakti Tenis Akademi NTB.

 

“Paling membanggakan adalah sprinter dunia Lalu Mohamad Zohri juga adalah binaan dari Korem 162/WB yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” bebernya.

 

Begitu banyak prestasi yang ditorehkan Korem 162/ WB dalam satu tahun terahir ini diniatkan untk masyarakat NTB khususnya dan nasional umumnya.

Ini tidak lepas dari sinergi seluruh jajaran Korem 162/WB dengan stakeholder yang ada di NTB, mulai dengan Pemda Provinsi, kabupaten/kota, jajaran Polda NTB, kementerian lainnya.

 

“Paling utama adalah peran serta masyarakat NTB yang begitu antusias turut serta dalam setiap kegiatan dengan jajaran Korem 162/WB, karena kami memiliki moto  ‘Ibu Kandung TNI adalah Rakyat, maka  Kami TNI dalam hal ini Korem 162/WB dan jajaran akan berbuat yang terbaik untuk Masyarakat NTB,” tandasnya. (ars)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional