Presiden Jokowi Ikut Kurban Satu Sapi di NTB

Mataram (suarantb.com) – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo turut meramaikan pelaksanaan kurban di Lombok dengan menyumbangkan seekor sapi kepada PHBI Provinsi NTB. Sapi tersebut diperkirakan memiliki bobot lebih dari satu ton. Demikian pantauan suarantb.com di Islamic Center Mataram, 12 September 2016.

Selain sumbangan dari Jokowi, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan Wakil Gubernur, H. Muh. Amin, SH, M.Si masing-masing berkurban dua sapi. SKPD dan perusahaan di Kota Mataram juga turut menyumbang hewan kurban. Sehingga, tahun ini PHBI Provinsi NTB mencatat jumlah hewan kurban yang mereka terima berjumlah 139 ekor.

Iklan

“Jumlah hewan kurban yang diterima PHBI NTB total 139 ekor, 40 sapi dan 99 kambing,” jelas Kepala Biro Kesra Setda NTB, Fathurahman.

Jumlah ini menurut Fathurahman meningkat dibanding tahun sebelumnya, yang hanya berjumlah 69 ekor, 19 sapi dan 50 kambing. Penyerahan hewan kurban ini sendiri dilakukan secara simbolik oleh Gubernur NTB, TGH M. Zainul Majdi kepada PHBI Provinsi NTB usai melaksanakan sholat Ied di Masjid Raya Hubbul Wathan, Islamic Center.

Mengenai distribusi hewan kurban ini, Fathurahman menjelaskan ada beberapa tempat yang difokuskan sebagai lokasi. “Pemotongannya akan dilakukan di tiga tempat, yaitu di Islamic Center, Masjid Agung At-Taqwa dan kantor gubernur. Kami menargetkan akan ada 1000 orang penerima daging kurban,” ujarnya.

Selain dalam bentuk daging, hewan kurban ini juga akan didistribusikan langsung dalam bentuk hewan ke beberapa tempat. “Sisanya akan kita serahkan dalam bentuk hewan kurban ke beberapa lembaga, seperti panti asuhan dan panti jompo di beberapa kabupaten/kota di Lombok,” tambahnya.

Selain sapi dari Jokowi, yang juga menarik perhatian adalah sumbangan 15 kambing dari KONI NTB. Jumlah ini sesuai dengan target Libas atau 15 medali emas di PON bulan ini. (ros)