Praya Juara Umum MTQ Loteng

Bupati Loteng H.L. Pathul Bahri, S.IP., (tengah) bersama Wabup Loteng, Dr. H.M.Nursiah, S.Sos.M.Si., menyerahan piala juara umum MTQ kepada Camat Praya, pada penutupan MTQ tingkat kabupaten di Masjid Nurul Bilad Kuta, Rabu, 22 September 2021.

Praya (Suara NTB) – Kafilah Kecamatan Praya berhasil keluar sebagai juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 29 tingkat Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) yang gelar pada Jumat, 17 September 2021 hingga Rabu, 22 September 2021. Praya mengumpulkan 67 poin, unggul dari dua pesaing terdekatnya yakni kafilah Kecamatan Jonggat dengan 58 poin serta kafilah Kecamatan Pujut selaku rumah dengan 57 poin.

Sebagai juara umum kafilah Kecamatan Praya berhasil menyabet juara pada kategori Qari terbaik golongan remaja putra, golongan dewasa putra dan putri. Kemudian hafidz terbaik golongan 1, 5 dan 30 juz dan tilawah putra, cabang tafsir Al-Qur’an terbaik golongan Bahasa Indonesia putri dan cabang hifzil hadist terbaik golongan 500 hadits putri. Ditambah cabang Fahm putra terbaik regu serta cabang Khat Al-Quran terbaik golongan kontemporer putra.

Iklan

Di bawa kafilah Kecamatan Pujut, ada kafilah Kecamatan Praya Barat di posisi keempat. Kemudian kafilah Kecamatan Batukliang Utara (BKU) di posisi lima dan posisi keenam kafilah Kecamatan Batukliang. Di posisi ke tujuh hingga sepuluh masing-masing ditempati kafilah Kecamatan Praya Timur, Praya Tengah, Pringgarata dan Kopang.

Adapun dua posisi terbawah diisi kafilah Kecamatan Praya Barat daya dan Kecamatan Janapria. “Untuk peserta yang keluar sebagai juara semoga dapat meningkatkan lagi kemampuan dan prestasinnya kedepan,” ungkap Bupati Loteng, H. Lalu Pathul Bahri, S.IP., saat menutup MTQ tingkat kabupaten di Nurul Bilad Kuta, Rabu sore.

Para juara dimasing-masing kategori selanjutnya akan mewakili Loteng pada gelaran MTQ tingkat provinsi NTB. Sehingga penting untuk sebaik mungkin mempersiapkan diri. Karena tingkat persaingan jelas akan semakin sulit. Bahkan, ia berharap ada putra-putri Loteng yang bisa masuk ke level nasional nantinya.

Pemkab Loteng sendiri telah menyiapkan bonus berupa umroh bagi para juara. “Semoga kondisi kembali normal dan bebas dari Covid-19. Sehingga bonus berupa pemberangkatan umroh bagi juara dapat terlaksana,” tutupnya.

Sementara itu, Koordinator Dewan Hakim, Dr.TGH. Sabarudin Abdurrahman, M.Pd., mengatakan proses penilaian dilakukan dengan sangat ketat. Sehingga para juara yang ditetapkan bisa dipastikan merupakan yang terbaik dimasing-masing kategorinya.

Diakhir acara ditutup dengan pengundian tuan rumah gelaran Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke 27 tingkat kabupaten tahun 2022 mendatang. Pengambilan nomor undi dilakukan oleh Wabup Loteng, Dr. H.M. Nursiah, S.Sos.M.Si., dan terpilihlah Kecamatan Praya Timur sebagai tuan rumah event dua tahunan tersebut. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional