Pramuka SMAN 1 Pringgabaya Galang Bantuan Korban Kebakaran Baturotok

Penggalangan bantuan kebakaran Baturotok yang digelar siswa SMPN 1Pringgabaya Lotim. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Bencana kebakaran Desa Baturotok Kecamatan Batulante Kabupaten Sumbawa mengundang simpati berbagai elemen masyarakat. Salah satunya adalah siswa-siswi SMAN 1 Pringgabaya, Lombok Timur yang tergabung dalam gerakan ekstra kurikuler Pramuka.

Selama beberapa hari mereka mengumpulkan donasi. Para siswa-siswi ini turun ke jalan-jalan dan pasar menggalang bantuan donasi untuk korban kebakaran di Desa Baturotok Sumbawa. Dari aksi pengumpulan dana tersebut, terkumpul dana sebesar Rp 1.007.000.

‘’Bantuan yang kami bawa ini jumlahnya tak seberapa. Inilah kemampuan kami sebagai bentuk kepedulian dan sebagai rasa empati kami kepada saudara kami di Desa Baturotok,’’ kata Ningrum, Pengurus Ekskul Pramuka SMAN 1 Pringgabaya, Jumat, 20 November 2020.

Setelah dana terkumpul, para siswa kemudian langsung menyerahkan bantuan pada Pramuka peduli ke Desa Baturotok untuk menyerahkan bantuan. Bantuan diserahkan langsung kepada pemerintah desa.  “Semoga bantuan ini menjadi amal jariah bagi adik-asik mahasiswa semua,’’ katanya.

Dituturkan Ningrum, bahwasanya gerakan Pramuka SMAN 1 Pringgabaya ini terlaksana berkat bekerjasama dengan Pramuka Peduli Ranting Pringgabaya yang ikut serta meminta donasi untuk warga yang ada di Sumbawa yang terkena musibah.

“Kita belajar berempati terhadap sesama yang sedang tertimpa musibah. Kegiatan ini sebagai bentuk pengamalan Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya, jadi ini tidak hanya sekedar dihafalkan saja, tetapi langsung dipraktikkan,” tuturnya. (dys)