Pramuka Dukung Pemda Tegakkan Perda Penyakit Menular

Anggota Pramuka berpartisipasi pada kegiatan penertiban penggunaan masker di Kota Mataram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka NTB melalui Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli mendukung pemerintah daerah (pemda) dalam membantu pencegahan penyakit menular, khususnya Corona Virus Disease (Covid-19). Adanya dukungan yang diberikan ini diharapkan mampu meminimalisir jumlah warga yang terpapar Covid-19 di NTB.

‘’Melalui Satgas Pramuka Peduli, kita aktif mendukung pemerintah daerah di semua tingkatan di NTB untuk melakukan penegakan Perda Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular,’’ tegas Ketua Kwarda Pramuka NTB Drs. H. Fathul Gani, M.Si., pada Suara NTB, Selasa, 20 Oktober 2020.

Iklan

Saat tim Penegak Perda yang terdiri dari anggota TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) turun ke lapangan, anggota Pramuka juga ambil bagian. Anggota Pramuka di seluruh NTB, tambahnya, turun ke masyarakat membagikan masker pada warga yang tidak menggunakan masker saat bepergian atau beraktivitas. Termasuk mensosialisasikan standar protokol kesehatan ke masyarakat.

Selain itu, ujarnya, pihaknya tetap aktif melakukan sosialisasi terhadap seluruh anggota Pramuka di NTB agar konsisten dan berkelanjutan menaati protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu cuci tangan. Pihaknya tidak ingin ada anggota Pramuka yang memberikan contoh yang tidak baik, terutama tidak menaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Hal lain yang dilakukan pihaknya, berusaha meningkatkan imun pada anggota.  Upaya meningkatkan imun anggota Pramuka, adalah dengan menggunakan pekarangan untuk menanam sayur dan buah, seperti cabai, tomat, terong dan lainnya. ‘’Ini untuk meningkatkan imun atau gizi keluarga, sehingga manfaatnya bisa dirasakan bagi anggota dan keluarganya,’’ terang Fathul Gani yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTB ini. (ham)