Pra Festival Tambora 2018, Ribuan Peserta Meriahkan Fun Bike di Dompu

Peserta sepeda santai saat mengitari kota Dompu dan dikawal mobil Patwal Polres Dompu

Dompu (Suara NTB) – Ribuan peserta dari anak – anak dan orang dewasa memeriahkan kegiatan fun biken yang digelar KNPI Dompu sebagai bagian dari Festival Tambora 2018 dan hari jadi Dompu ke 203. Sepeda santai yang mengambil titik start dan finis di gedung Pemuda Dompu ini berlangsung meriah Minggu, 1 April 2018.

Iklan

Tidak hanya masyarakat umum yang ikut kegiatan sepeda santai ini, tapi juga diikuti oleh para anggota Muspida, dan jajaran pejabat di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu. Setelah memasuki garis finis, para peseda yang telah mendapatkan nomor undian door prize langsung menikmati snack dan minuman sambil menikmati hiburan. Berbagai hadiah disediakan panitia seperti sepeda hingga hadiah hiburan lainnya.

Festival Tambora tahun 2018 sendiri meliputi berbagai event sebelum hari puncak 11 April 2018 di padang savana Doro Ncanga Dompu. Seperti pawai budaya (4/4), pameran TTG foto budaya pesona Tambora (4-5/4), Tambora Challenge 320 K (4 – 7/4), Kirab Pataka Obor Terpijar (5-10/4) Nagaha Kawiri (6/4), lomba drum band pelajar (6-8/4), sehari makan ikan (7/4), traill adventure (7/4), sepeda hias (8/4), transplantasi karang (9/4), Cera Labu (9/4), festival kuliner (10/4), pemeran jagung, kopi dan gula Tambora (10-11/4), sepeda wisata (10/4), Hiburan Rakyat (10-11/4) dan puncak acara Festival Tambora 2018 di Sarae Nduha padang Savana Doro Ncanga Dompu, 11 April 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, Khairul Insan, SE, MM pada acara fun bike 2018, Minggu kemarin mengungkapkan apresiasinya kepada jajaran KNPI Dompu yang ikut mensukseskan kegiatan Festival Tambora 2018. Sepeda santai merupakan kegiatan pembuka dari event Tambora 2018 yang akan diluncurkan pelaksanaannya oleh Bupati pada kegiatan pawai budaya, Rabu (4/4) mendatang.

Ia pun mengajak masyarakat Dompu dan khususnya yang sedang merantau di luar daerah untuk ikut serta mensukseskan Festival Tambora 2018 dengan mengunjungi daerah sendiri dan menikmati keindahan alam, budaya  serta kulinernya. Potensi alam Dompu juga diharapkan untuk disosialisasikan secara luas, sehingga wisatawan domestik maupun manca negara dapat berkunjung serta membelanjakan uangnya di Dompu. “Yakin saja, Kabupaten Dompu akan terus berbenah untuk kemajuan pariwisatanya. Berbagai kekurangan akan dibenahi secara bertahap, termasuk menyiapkan produk ekonomi kreatif sebagai oleh – oleh khas Dompu,” katanya.

Menjelang kegiatan puncak Festival Tambora 2018, Khairul Insan mengaku terus berkoordinasi dengan pemerintah atasan serta stake holders lainnya. Terutama dalam penyiapan materi acara serta target yang ingin dicapai dari pelaksanaan Festival Tambora 2018. Karena kemajuan pariwisata tidak bisa langsung dirasakan manfaatnya, namun secara perlahan akan memberikan multiplier effect bagi kemajuan daerah. Pembangunan kawasan pendukung taman nasional Gunung Tambora tahun 2018 ini diharapkan akan semakin menyiapkan fasilitas pendukung bagi kemajuan pariwisata Dompu kedepan.

Ketua KNPI Dompu, Rihul Rahman, ST yang diwakili oleh Sekretarisnya, Edyson HD, SH saat menyampaikan laporan pada acara sepeda santai, Minggu pagi kemarin mengungkapkan, apresiasinya atas kehadiran peserta yang cukup membludak. Pada pendaftaran peserta sepeda santai, pihaknya hanya menerima sekitar 800 orang peserta anak – anak. Tapi pada pelaksanaannya, bapak dan ibunya juga ramai mengikuti kegiatan sepda santai. “Ini bentuk apresiasi dan dukungan kita semua terhadap event festival Tambora 2018 dan peringatan hari jadi Dompu ke 203,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, komitmen KNPI Dompu dalam mensukseskan berbagai kegiatan pembangunan di daerah. Pada kesempatan itu, ia juga menegaskan bahwa gedung Pemuda merupakan milik pemuda Dompu yang secara kebetulan KNPI menaungi beberapa organisasi kepemudaan dan berkantor serta melakukan berbagai aktifitas di gedung Pemuda. “Gedung ini bukan milik KNPI, tapi gedung ini milik pemuda. Kebetulan KNPI menaungi beberapa organisasi kepemudaan dan berkantor di gedung Pemuda,” katanya. (ula/*)