PPK Proyek Tahun 2020 Bisa Pejabat Eselon 4

Pipin Shakti Bitongo. (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Persyaratan menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) tahun ini sudah mengalami perubahan. Menyusul adanya peraturan baru tentang pelaku pengadaan barang dan jasa.

“Ada terbit Perlem Nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan Perlem Nomor 15 tahun 2018 tentang pelaku pengadaan barang jasa,” kata Kabag Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Sumbawa, Pipin Shakti Bitongo, S.T., M.Eng.

Iklan

Disebutkannya, sebelumnya persyaratan menjadi PPK harus memiliki kemampuan managerial level 3. Hal ini dimaknai sebagai pejabat eselon 3. Sedangkan di aturan baru hal itu dihilangkan. Artinya kembali seperti semula bisa dari pejabat eselon 4. Yang penting memenuhi syarat yakni mempunyai sertifikat dasar pengadaan barang dan jasa. Kemudian berintegritas dan menandatangani fakta integritas.

“Syaratnya sama dengan kemarin, cuma dihilangkan persyaratan manajerial level 3. Yang penting bersertifikat pengadan barang dan jasa tingkat dasar, berintegritas, menandatangani fakta integirtas. Tapi dia harus minimal S1 atau setara,” terangnya.

Meskipun demikian, kata Pipin,  hal ini juga tergantung dari Pengguna Anggaran (PA) yang melakukan penunjukkan. “Itu aturannya. Kewenangan mau menunjuk siapa selama syaratnya terpenuhi, kewenangan PA,” tandasnya. (ind)