PPDB di SMKN 1 Sekotong Dibuka secara Daring dan Manual

Suasana PPDB secara manual di SMKN 1 Sekotong. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dimulai. Sejumlah sekolah di NTB bersiap menerima calon pendaftar. Salah satu sekolah di NTB yang sangat antusias mengikuti proses ini ialah SMKN 1 Sekotong.

Plt. Kepala SMKN 1 Sekotong Sulman Haris, menegaskan pihaknya sangat antusias. Hal demikian lantaran pendaftar yang sudah dibuka secara dalam jaringan (daring) beberapa hari itu kini mulai diserbu pendaftar.

Iklan

‘’Sudah ada 55 pendaftar yang telah menyatakan kesanggupannya untuk mendaftar. Mereka semuanya mendaftar secara daring dan manual. Jumlah ini akan terus bertambah seiring jadwal pendaftaran yang masih lama,’’ ujarnya pada Suara NTB, Selasa, 16 Juni 2020.

Untuk diketahui bahwa tahun ini ada empat jalur penerimaan peserta didik baru. Di antaranya ialah jalur zonasi dengan bobot 60 persen, jalur afirmasi dengan bobot 20 persen, jalur perpindahan orang tua 5 persen, dan jalur prestasi 15 persen.

Meski Dinas Dikbud NTB menyediakan empat jalur pendaftaran, namun ini hanya berlaku bagi jenjang SMA saja, bukan untuk SMK. Sementara untuk SMK tidak menggunakan jalur zonasi. Mereka bisa mendaftar di SMK mana saja.

Sulman Haris menambahkan, di SMKN 1 Sekotong, ada tiga program studi atau kompetensi keahlian yang dibuka. Salah satu yang cukup populer ialah Nautika Kapal. Kompetensi keahlian ini sesuai dengan geografis sekolah ini.

Selain itu yang semakin menambah optimisme pihaknya ialah baru-baru ini sekolah ini telah memperbaiki citra wajah sekolah. Pembangunan taman bagian depan sekolah kian mempercantik wajah sekolah yang akan menambah daya tarik bagi setiap pendaftar.

Tak terkecuali kata dia, ini merupakan  buah dari segala ikhtiar yang dilakukan selama ini oleh semua guru. Mengingat meski di tengah pandemi Corona, SMK Negeri 1 Sekotong Lombok Barat tetap menggelar kegiatan sosialisasi PPDB 2020.

Kegiatan sosialisasi itu sebagai ikhtiar Tim SMKN 1 Sekotong untuk mendapatkan siswa lebih banyak tahun ini.  (dys)