PPA Polres Dompu Tangani 14 Kasus Kekerasan Seksual

Rimawan. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Selama Januari-November tahun 2020, Unit PPA Satreskrim Polres Dompu, sudah menangani 71 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. 14 diantaranya merupakan perkara pelecehan seksual, baik cabul maupun pemerkosaan. Sementara yang lain, disamping penganiayaan fisik juga terdapat penelantaran anak korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Kanit PPA Satreskrim Polres Dompu, Aipda Rimawan kepada Suara NTB di kantornya mengungkapkan, total kasus yang ditangani itu sesuai dengan jumlah laporan kejadian yang diterima.

Iklan

Untuk cabul dan pemerkosaan, dari 14 kasus terdapat tiga orang tersangka anak dibawah umur sebagai pelaku utama. “Terakhir kemarin kejadian di Kecamatan Huu, sekarang masih kita mintai keterangan korban dan pelaku,” terangnya.

Selain tiga orang tersangka anak, terduga pelaku kekerasan seksual tak sedikit melibatkan orang dewasa, bahkan diantaranya justru memiliki hubungan darah dengan korban, seperti misalnya orang tua kandung di Kecamatan Woja.

Sebagian besar berkas tersangka sudah dilimpahkan ke kejaksaan untuk proses hukum lebih lanjut. “Semua kasus lanjut prosesnya, sedangkan untuk tersangka anak ini masih kita lengkapi berkas tahap II,” jelasnya.

Belasan kasus pelecehan seksual anak dibawah umur, diakuinya tak seberapa jika dibanding perkara penganiayaan fisik yang melibatkan anak sebagai korban dan pelaku. Termasuk Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) serta penelantaran anak.

Kendati demikian, tambah Rimawan, tidak sedikit diantaranya berujung damai setelah mereka menempuh jalur kekeluargaan, terutama soal KDRT dan penelataran anak korban perceraian.

Penelantaran anak yang dimaksud yakni orang tua enggan menafkahi sang anak setelah bercerai, sehingga oleh pihak keluarga atau pengasuh melaporkannya ke APH. “Kekerasan fisik prosesnya ada juga yang berakhir damai. Untuk masalah KDRT kebanyakan pemicunya itu persoalan ekonomi,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional