Porprov 2018, Loteng Siapkan Bonus Rp 25 Juta Peraih Medali Emas

Praya (Suara NTB) – Sebanyak 320 atlet dan ofisial Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lombok Tengah (Loteng) dilepas Bupati Loteng H. M. Suhaili FT, Jumat, 7 Desember 2018. Mereka akan bertanding di 23 cabang olahraga (cabor) dari 26 cabor yang dipertandingkan.

 

Iklan

Kendati tidak dibebankan target tinggi, para atlet diharapkan bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya demi meraih prestasi tertinggi pada ajang olahraga tertinggi di NTB tersebut. Sebagai tambahan motivasi kepada para atlet yang akan bertanding, Pemkab Loteng berjanji akan menyiapkan bonus bagi atlet yang mampu mengharumkan nama baik daerah.

 

D imana untuk peraih medali emas disiapkan bonus sebesar Rp 25 juta, peraih medali perak 15 juta serta perunggu akan mendapat bonus Rp10 juta. Ditambah para pelatih dan ofisial juga akan mendapat bonus dengan jumlah tertentu. “Bonus ini sebagai bentuk penghargaan pemerintah daerah terhadap para atlet yang telah berjuang demi nama baik daerah,” ujar Suhaili.

 

Dari total 26 cabor yang bakal dipertandingkan, Loteng tidak akan berpartisipasi didua cabor. Yakni cabor senam dan menembak, karena tidak ada atlet di dua cabor tersebut. Dari cabor-cabor yang diikuti, para atlet Loteng diharapkan bisa mendulang medali sebanyak-banyaknya dan melampaui raihan medali pada porprov sebelumnya sebanyak 11 emas.

 

Di Lombok Barat (Lobar), Bupati Lobar H. Fauzan Khalid juga melepas kontingen Lobar yang berlaga di Porprov Bupati memberikan motivasi kepada segenap atlet, pelatih dan ofisial semua cabor agar memberikan yang terbaik pada ajang Porprov nanti. Sebab jika sudah memberikan penampilan terbaik, maka otomatis para atlet mampu menyumbangkan medali, sehingga Lobar bisa mempertahankan predikat juara umum yang diraih pada Porprov 2014 silam. Tidak hanya memberi motivasi, Orang nomor satu di Lobar itu juga menjanjikan bonus kepada atlet yang mampu meriah medali.

Bupati Lobar mengatakan terkait target di Porprov pihaknya berharap bisa juara umum dipertahankan. Sesuai dengan target yang dipasang oleh KONI Lobar, menurut bupati melalui perhitungan yang matang. Sebab tidak mungkin KONI memasang target itu tanpa melihat potensi yang ada. Menurutnya kalau saja 75 persen dari target itu bisa dicapai sudah sangat luar biasa.

Mengenai bonus kepada atlet peraih medali, bupati memastikan sudah ada anggaran yang disiapkan untuk bonus atlet peraih medali. Ditanya berapa nominal bonus tersebut? Bupati mengaku jumlah minimal sama dengan Porprov 2014 silam. Beberapa cabor yang ditargetkan mampu meraih medali, kata dia, seperti renang, voli, sepeda, atlet dan karate bahkan menembak.

Sementara itu Ketua Umum KONI Lobar H. Suharman mengatakan, jumlah atlet beserta pelatih dan ofisial yang dikirim pada Porprov sebanyak 372 orang. Terdiri dari atlet sebanyak 297 atlet dan 75 ofisial.

Menurut Suherman, pada Porprov 2014 Lobar memperoleh 108 medali, terdiri dari 45 emas, 28 perak dan 35 perunggu, sehingga mengantarkan Lobar meraih predikat juara umum. “Tentu ini jadi pemicu dan semangat untuk mempertahankan pada Porprov 2018 ini,” ujarnya. (kir/her)