Poros Tengah Bentuk Tim Bersama

Mataram (Suara NTB) – Pertemuan parpol koalisi poros tengah, Rabu, 5 April 2017 lalu, menelurkan tiga poin kesepakatan. Tiga kesepakatan itu merupakan bentuk keseriusan partai-partai papan tengah tersebut untuk menyatukan kekuatan di Pilkada NTB 2018.

Adapun tiga poin kesepakatan tersebut yakni pertama membentuk tim sembilan yang berasal dari masing-masing parpol, yang akan bertugas untuk menyusun nota kesepahaman dan kesepakatan bersama koalisi.

Iklan

“Nah poin keduanya itu, masing-masing ketua partai akan mendatangani nota kesepakatan dan kesepahaman itu nantinya,” ujar Juru Bicara Koalisi Poros Tengah, Nurdin Ranggabarani, SH, MH, pada Suara NTB, Kamis (6/4).

Adapun poin ketiga yang berhasil dirumuskan dalam pertemuan tersebut, yakni partai-partai yang tergabung dalam koalisi poros tengah, bersepakat akan melakukan deklarasi koalisi, yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. “Selanjutnya akan kita deklarasikan koalisi ini, secara resmi dengan terbuka yang akan menghadirkan seluruh jenjang kepengurusan sampai tingkat ranting,” ujar Nurdin.

Pada pertemuan kedua koalisi poros tengah tersebut, adapun partai-partai yang hadir yakni, hanya ada empat partai, yakni PAN, PPP, PKB, dan Hanura. Sedangkan partai Gerindra yang sempat mengirim perwakilannya dalam pertemuan pertama tersebut, tidak hadir dalam pertemuan kedua itu.

“Ya, yang hadir hanya ada empat partai itu saja. Mungkin hanya itu saja, yang partai yang akan tergabung dalam koalisi poros tengah tersebut,” kata Nurdin, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut saat ditanya terkait dengan partai Gerindra.

Dalam pertemuan empat partai koalisi poros tengah, yang digelar di salah satu hotel berbintang di kawasan Mataram itu. Yakni Ketua DPW PPP NTB, Hj. Wartiah, M. Pd, Wakil Ketua, Nurdin Ranggabarani, Ketua Desk Pilkada PPP, H. Muzihir, dan Sekretaris PPP, Muh. Akri. Sementara dari PKB sendiri, dihadiri oleh Ketua DPW PKB NTB, Lalu Hardian Irfani, didampingi Sekretarisnya, Ardiansyah. Sedangkan dari PAN sendiri, diwakilkan oleh Ketua Tim Pilkada PAN, Saiful Islam dan dari Partai Hanura, diwakilkan oleh Ketua Tim Pilkada, Cecep S Rahmat.

Lanjut disampaikan oleh Nurdin Ranggabarani, yang juga salah satu kandidat bakal calon Wakil Gubernur NTB itu, bahwa koalisi poros tengah tersebut, tidak saja untuk Pilkada NTB. Namun koalisi juga akan dilanjutkan di tiga Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pilkada pada 2018 ini.

“Koalisi ini dirancang untuk tetap bersama-sama sampai di Kabupaten/Kota. Tim pilkada dari koalisi ini akan dirancang kemudian untuk Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Jika tidak ada aral melintang, koalisi poros tengah ini akan tetap berlanjut sampai pendaftaran bakal calon Gubernur nantinya. Maka kekuatan dari koalisi empat partai ini, tidak bisa dipandang remeh. Karena jika kursi mereka di DPRD NTB, digabung, berjumlah 21 kursi. (ndi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here