Ponpes Darul Falah Pagutan Terbakar

Mataram (suarantb.com) – Kebakaran baru saja terjadi di kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Falah Pagutan, Mataram. Api diperkirakan berkobar dari bagian belakang Ponpes, yang menghanguskan gudang. Dugaan sementara, penyebabnya hubungan pendek arus listrik.

Saksi mata, Munawir, warga Lingkungan Peresak Kelurahan Pagutan, menuturkan, api membubung dan terlihat dari jarak 300 meter sekitar Pukul 00.30 Wita. “Pas beberapa saat setelah mati lampu, langsung kelihatan api naik,” kata Munawir.

Saat itu juga dia dan warga lainnya berhamburan menuju titik api. Sebagian berusaha menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Rajbi, salah seorang santri untuk tingkat MA di sana, mengaku terkejut ketika api berkobar. Saat itu dia sebenarnya sudah tertidur pulas bersama santri lainnya.

“Saya dibangunkan Ketua Asrama pak Saiful Azis, ada kebakaran,” kata Rajibi.

Saat itu santri lainnya pun berhamburan, bahkan ada yang membawa bantal dan alas tidur.
Pantauan langsung Suara NTB, api melalap bagian gudang yang penuh material kayu untuk bangunan ponpes.

WhatsApp Image 2016-08-22 at 00.49.16

Api juga menyambar kantor MTs yang ada di dekat gudang. Ada tiga mobil pemadam kebakaran diterjunkan, masuk lewat sebelah barat gedung. Karena terhalang bangunan lain, petugas menjulurkan pipa air hingga jarak 50 meter ke titik api.

Pukul 01.30 Wita, api perlahan dikuasai petugas. Sisa api masih terlihat di kantor MTs. Hingga akhirnya api berhasil dipadamkan dan menyisakan kepulan asap cokelat. (ars)