PON XX/2021, NTB Peringkat 11 Perolehan Medali Sementara

Ilustrasi Medali (Pixabay)

Jayapura (Suara NTB) – Provinsi NTB menempati peringkat 11 sementara dalam perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021. Posisi tersebut diraih NTB setelah tim boulder panjat tebing putri  meraih medali emas di pertandingan boulder tim putri yang berlangsung di Timika, Papua, Kamis, 30 September 2021.

Data yang diterima Suara NTB di Situs resmi PB PON Papua XX tahun 2021 menjelaskan bahwa Pembukaan PON XX Papua 2021 masih akan digelar pada Sabtu, 2 Oktober 2021 esok. Namun, ada beberapa cabang olahraga telah dipertandingkan terlebih dahulu sebelum pembukaan PON XX Papua 2021. Hal tersebut membuat distribusi perolehan medali juga sudah mulai bergulir.

Iklan

Dikutip dari laman resmi PON XX Papua 2021, DKI Jakarta  menjadi pemuncak kelasemen sementara sehingga kini sudah mengoleksi 21 medali emas. Jumlah emas terbanyak DKI Jakarta disumbangkan dari cabang olahraga (cabor) Sepatu Roda.

Pasalnya dari 21 medali emas yang berhasil dikoleksi DKI Jakarta, cabor Sepatu Roda menyumbangkan sembilan emas. Di samping itu, DKI Jakarta juga memperoleh 10  perak, dan 11 perunggu. Sehingga DKI Jakarta total memperoleh 42 medali. Angka tersebut cukup terpaut jauh dari provinsi lain.

Posisi dua, ditempati tuan rumah Papua yang mengumpulkan 16 emas,  5 perak, dan 10 perunggu. Papua hingga kini meraih 31 medali. Untuk posisi ketiga, masih disinggahi Jawa Barat (Jabar) yang terus berusaha mengejar DKI Jakarta dan Papua.

Jawa Barat total mengoleksi 39 medali, dengan rincian sembilan emas, 11 perak, dan 19 perunggu. Meskipun Jabar mengoleksi total raihan medali terbanyak dibanding Papua, namun tuan rumah lebih unggul lantaran mempunyai koleksi medali emas yang lebih banyak.

Setidaknya sudah ada 11 provinsi yang berhasil meraih medali emas. Selain DKI Jakarta, Papua, dan Jawa Barat, ada provinsi Jawa Timur, Bali, Sumatera Barat, Riau, Sulawesi Tenggara, Aceh dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Provinsi tersebut masing-masing sudah mengantongi satu medali emas, kecuali Jawa Timur yang meraih 6 emas dan Bali 3 emas.

Beberapa provinsi lainnya hingga kini juga telah berhasil meraih medali perak dan perunggu. Seperti Sumatera Utara (Sumut) yang menempati peringkat 12 meraih tiga perak dan satu perunggu dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  diperingkat 13 meraih dua perak dan dua perunggu. Menurut Humas KONI NTB, M. Nur Haedin bahwa posisi NTB masih bisa tergeser naik karena besok akan ada tambahan medali di cabor panjat tebing karena ada dua tim panjat tebing yang akan tanding final, Jumat, 1 Oktober 2021 hari ini. Yakni di nomor speed perorangan putri atas nama Nurul Iqamah dan final lead tim putri yang diperkuat Nurul dan kawan-kawan. (fan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional