Polresta Mataram Latihan Parsial Pengamanan WSBK Sirkuit Mandalika

Kapolresta Mataram Heri Wahyudi Rabu, 29 September 2021 memimpin latihan papan taktik dukungan pengamanan World Superbike Sirkuit Mandalika.(Suara NTB/Polresta Mataram)

Mataram (Suara NTB) – Polresta Mataram mematangkan latihan parsial pengamanan World Superbike 2021 Sirkuit Mandalika. Diantaranya latihan papan taktik atau tactical floor game untuk memetakan penanganan kerawanan. Satuan kepolisian ibukota ini juga akan mengirim bantuan personel.

“Pengamanan tetap kita laksanakan karena ini event internasional. Kita menjaga Kota Mataram sebagai barometer keamanan di NTB,” ucap Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi, Rabu, 29 September 2021.

Iklan

Latihan papan taktik ini rangkaian dari latihan parsial yang dilaksanakan sejumlah fungsi. Seperti pengendalian massa, penanganan kontijensi, keselamatan lalu lintas, serta penanganan kriminalitas.

Heri menyebutkan, semua fungsi kepolisian ini akan menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan tingkat kerawanan dan ganggunan keamanan yang mungkin terjadi. “Sasaran kita tentunya keamanan penonton dan peserta yang apabila berkegiatan di wilayah hukum kita,” jelasnya.

Latihan ini sebagai permulaan untuk simulasi pengamanan yang lebih terperinci selanjutnya. Antara lain pengerahan personel pada saat kontijensi. Ataupun sistem pengamanan kota. “Seluruh personel dilibatkan. Kita sudah siapkan skenario apabila ada permasalahan di titik tertentu,” papar Heri.

Selain menjaga wilayah hukum sendiri, Polresta Mataram juga memberikan dukungan personel kepada Polres Lombok Tengah melalui Polda NTB. Personel ini nantinya akan disebar sesuai dengan penempatan.

“Kita akan bantu 200 personel untuk pengamanan Superbike untuk kegiatan pengamanan. Kita antisipasi semua kerawanannya,” ucapnya.

Dia turut mengimbau masyarakat untuk turut serta menciptakan situasi kondusif. Sebab, keamanan perhelatan WSBK ini merupakan pertaruhan citra daerah bahkan Indonesia di mata dunia.

Keamanan WSBK, kata Kapolres, bakal meningkatkan kepercayaan masyarakat dunia internasional. Dampaknya nanti akan berkesinambungan di sektor ekonomi pariwisata yang juga dinikmati masyarakat.

“Maka kita juga sudah antisipasi kriminalitas, tidak menutup kemungkinan yang korbannya warga negara asing ataupun pelakunya warga negara asing. Kita sudah siap dari sekarang,” tutup Heri.

Kejuaraan dunia WSBK bakal dihelat di Sirkuit Mandalika 19-21 November mendatang sebagai seri penutup. Untuk sementara, jumlah kuota penonton sebanyak 39 ribu orang. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional