Polres Mataram Larang  Pengantar Jamaah Haji Gunakan Mobil Bak Terbuka

Mataram (suarantb.com) – Polres  Mataram melarang keras pengantar calon jamaah haji menggunakan kendaraan bak terbuka. Hal tersebut mengantisipasi kecelakaan lalulintas (Lakalantas) yang akan menyebabkan kerugian pada masyarakat sendiri.

Kapolres Mataram, AKBP Heri Prihanto mengatakan kendaraan bak terbuka hanya untuk mengangkut barang. Sehingga akan dilakukan penindakan bagi pengantar calon jamaah haji yang ketahuan mengantar dengan menggunakan kendaraan tersebut. Kendati demikian, penindakan akan dilakukan dengan cara-cara yang humanis.

Iklan

“Dalam aturan tidak boleh. Mobil pickup hanya untuk barang, tidak boleh dilakukan untuk mengangkut orang. Kita tetap melakukan penindakan, tapi dengan cara humanis. Ada trik-trik sendiri Lantas melakukan penindakan,” ujar Heri di Mapolres Mataram, Selasa, 23 Agustus 2016.

Jumlah Lakalantas di Mataram yang meningkat pada semester pertama tahun 2016, membuat Polres Mataram mengantisipasi terjadinya Lakalantas. Sejak Januari hingga Juli 2016, terhitung sebanyak 179 kasus Lakalantas terjadi di Mataram. Kasus tersebut menewasakan 43 nyawa secara sia-sia. Dengan demikian, Kapolres Mataram mengimbau masyarakat untuk tidak mengangkut penumpang dengan kendaraan tersebut.

Sedangkan terkait pengamanan calon jamaah haji, Heri mengatakan telah mengerahkan Personel Kepolisian dalam mengamankan Asrama Haji di Lingkar Selatan. Selain itu rute jalan yang ditempuh kendaraan pengangkut calon jamaah haji tidak luput dari pengamanan.

“Kita telah koordinasi bersama Kemenag dan lainnya. Karena Asrama Haji berada di Lingkar Selatan. Tentunya kami memberikan pengamanan di lokasi tersebut, dan pada setiap jalan yang akan dilalui oleh kendaraan jamaah haji, sampai perbatasan Polres lain,” terangnya. (szr)

 

  Era Fadila, Bocah 5 Tahun Merawat Sendiri Ayah yang Sakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here