Polres KSB Lepaskan Truk Pengangkut Kayu

Taliwang (Suara NTB) – Polres Sumbawa Barat melepas satu unit truk kayu yang diamankan beberapa waktu lalu. Dilepasnya kayu tersebut, setelah pemilik kayu memberikan dokumen-dokumen yang dimilikinya.

Kapolres Sumbawa Barat yang dikonfirmasi Suara NTB melalui Kasat Reskrim Iptu I Putu Agus Indra Permana SIK, Selasa, 4 Oktober 2016 menyebutkan, untuk truk kayu yang diamankan beberapa waktu lalu tersebut sudah dilepaskan. Hal tersebut dilakukan pasca dilakukan pengecekan bersama dengan dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertanian (Dishutbuntan) terhadap dokumen yang sudah dibawa.

Iklan

Ternyata dokumen tersebut sudah benar dan sah. Bahkan dalam Peraturan Menteri (Permen) terbaru tahun 2015 bahwa dokumen yang dibawa oleh pengusaha kayu tersebut sudah menggunakan barcode (kode batang).

“Jadi dokumen tersebut didaftarkan secara online sesuai dengan Permen tersebut,” ujarnya.

Seraya menambahkan, dalam pelepasan kayu tersebut, pihaknya juga melibatkan Dishutbuntan. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir isu-isu yang berkembang di masyarakat.

“Kita tidak bisa menahan lagi apabila sudah diberikan dokumen yang lengkap dan sah,” tandasnya.

Sebelumnya, satu truk yang berasal dari salah satu Usaha Dagang (UD) yang berada di Kabupaten Dompu hendak menyeberang ke Pulau Lombok. Ketika dilakukan pemeriksaan pemilik kayu juga sudah memberikan dokumen yang jelas. Namun di dalam dokumen tersebut kubikasi kayu sekitar 14. 092 meter kubik. Ketika dilakukan pengecekan serta berkoordinasi dengan dinas kehutanan, seharusnya dengan kubikasi demikian, itu muatnya sekitar 175 balok. Namun ketika dilakukan pengecekan, ada sekitar 200 balok. Setelah adanya dokumen tersebut pihak kepolisian akhirnya melepas truk tersebut. (ils)