Polres Khusus KEK Mandalika, Konsentrasi Penuh Jaga Keamanan Kawasan

Mohammad Iqbal. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB mematangkan konsep pengamanan KEK Mandalika yang menjadi tempat gelaran World Superbike dan MotoGP. Kawasan pariwisata superprioritas nasional ini bakal memiliki Polres khusus. Tetapi, dengan kewenangan yang hanya mengenai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, pengamanan event WSBK dan MotoGP memerlukan strategi jangka panjang. “Ini adalah grand strategy,” ucapnya, ditemui Jumat, 3 September 2021.

Iklan

Menurutnya, KEK Mandalika memerlukan pengamanan khusus sehingga konsepnya dengan membentuk Polres baru selain Polres Lombok Tengah. Tetapi dengan kewenangan yang lebih spesifik. “Khusus pemeliharaan keamanan. Tidak dibebani proses lidik dan sidik agar konsen,” sebut jenderal bintang dua ini.

Namun, kriminalitas tetap masuk dalam prediksi kerawanan yang terjadi. Skemanya pun sudah ada untuk penanganan kasus tersebut. “Apabila ada kejadian, tindakan pertama Polres kawasan itu kemudian selanjutnya diserahkan ke (Polres) Lombok Tengah,” urainya.

Untuk mendukung skema itu, Polres Lombok Tengah pun dibenahi tipologinya yang naik satu tingkat setara Polres kota yang dikepalai perwira melati tiga atau Kombes. Demikian juga dengan Polsek Kuta yang dinaikkan menjadi Polsek kategori urban. Nantinya dipimpin polisi berpangkat Kompol atau AKP.

Konsekuensinya juga pada penambahan sarana dan prasaran serta jumlah personel. “Semua ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan baik masyarakat di sana, pelaku wisata, dan juga wisatawan,” tegas Iqbal.

Konsep pengamanan ini, sambung Kapolda, kini sedang dimatangkan. Sepekan ke depan untuk rencana induknya. Kemudian akan dijabarkan lebih detail lagi dua pekan lagi. Konsep ini kemudian diajukan ke Mabes Polri sebelum perhelatan WSBK Sirkuit Mandalika pertengahan November mendatang.

“Kasarnya sudah jadi, tinggal kita haluskan lagi. Kami optimis Mabes Polri akan merestui karena ini untuk kepentingan masyarakat,” tandasnya. (why)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional