Polres Dompu Tegaskan Tutup Tempat Hiburan Saat Puasa

Dompu (Suara NTB) – Kapolres Dompu, AKBP. Erwin Suwondo, S. IK, MIK mengatakan, akan menindak tegas tempat hiburan yang beroperasi saat pelaksanaan ibadah puasa. Bahkan tak segan-segan menyita alat-alat dan menutup lokasi hiburan tersebut. Langkah itu diambil guna memastikan ibadah puasa tahun ini berjalan dengan aman dan khidmat.

“Tapi sebelum itu kita akan panggil dan imbau dulu pengusaha hiburan ini agar menutup aktifitasnya,” kata dia kepada wartawan di Mapolres Dompu, Rabu, 9 Mei 2018.

Iklan

Beroperasinya tempat hiburan tidak saja akan mengganggu kenyamanan umat Islam yang tengah beribadah. Tetapi juga rawan memicu konflik di tengah masyarakat. Apalagi biasanya, mereka yang biasanya memafaatkan tempat ini kebanyakan dalam pengaruh alkohol.

Jika terbukti pusat hiburan yang belum diketahui jumlahnya itu beroperasi saat puasa, dipastikan langsung ditindak tanpa toleransi sedikitpun. “Nanti kita angkut alat-alatnya kan ijinnya tidak ada,” tegas Erwin Suwondo.

Selain tempat hiburan, penyakit masyarakat lain yang juga kerap mengganggu dan rutin ditemukan tiap tahun saat pelaksanaan puasa yakni suara petasan dan mengkonsumsi minuman keras. Hal ini sudah diantisipasi pihaknya dengan menginstruksikan jajaran di tiap-tiap polsek untuk meningkatkan operasi. Terutama di jalur masuknya barang berbahaya tersebut seperti perbatasan Menggelewa dan Kabupaten Bima.

Kendati telah menutut kerja keras jajarannya, Erwin Suwondo juga berharap proaktif masyarakat setempat, terutama Toga Toma agar intens mengingatkan kalangan muda untuk tidak berbuat semaunya. Terlebih mengantisipasi berbagai macam tindak kejahatan yang rawan ditempat-tempat ibadah seperti pencurian kendaraan bermotor.

“Jangan sampai ada suara petasan terutama yang besar-besar itu, jadi tingkatkan operasi di wilayah masing-masing untuk mengurangi potensi konflik,” pungkasnya. (jun)