Polres Bima Kota Kewalahan Angkut Barang Bukti Makanan dan Minuman Kedaluwarsa

Kota Bima (Suara NTB) – Sejumlah barang, aneka makanan dan minuman ringan kedaluwarsa yang ditemukan di sebuah gudang di Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota, baru 20 persen yang diangkut keluar dan diamankan di Mapolres Bima Kota.

Kasat Reskrim Polres Bima Kota, AKP Afrizal S.Ik mengaku, pihaknya kewalahan untuk mengangkutnya. Selain jumlah barang banyak, hal itu juga disebabkan keterbatasan anggota serta alat angkut.

Iklan

“Masih banyak barang yang belum diangkut keluar. Kita mengangkutnya dengan anggota dan kendaraan seadanya,” kata Afrizal, Senin, 9 Oktober 2017.

Meski begitu pihaknya mengupayakan agar seluruh barang yang diketahui kedaluwarsa tersebut diangkut keluar semua. Dengan meminta bantuan truk operasional Samapta Polres Bima setempat. “Kita targetkan seluruh barang kedaluwarsa ini diangkut keluar tanpa ada sisa,” ujarnya.

Menurutnya barang-barang yang diangkut keluar tersebut, saat ini masih disimpan di ruang Tipiter Mapolres setempat. Bahkan dalam ruang tersebut tidak cukup untuk menampung. “Barangnya banyak, sementara ruang Tipiter sangat sempit. Tapi yang jelas barang ini akan disimpan kedalam ruang lain,” katanya.

Ia menegaskan, kasus tersebut masih diproses. Bahkan proses penanganan hukumnya, akan dikoordinasikan juga terhadap Balai Pengawasan Obatan dan Makanan (BPOM) Mataram.

“Penanganan kasus ini sangat serius, kami juga akan libatkan BPOM Mataram,” terangnya.

Selain itu, Afrijal meminta dan menghimbau masyarakat untuk melaporkan kepada pihaknya, jika menemukan beredarnya barang kedaluwarsa, baik di toko maupun ditempat lain.

“Hal ini sebagai upaya pencegahan dalam memberantas barang kedaluwarsa. Karena jika dikonsumsi akan berdampak buruk bagi kesehatan,” pungkasnya. (uki)