Polres Bima Amankan Pilkades Serentak

Bima (Suara NTB) – Sebanyak 32 desa di wilayah hukum Polres Bima Kabupaten akan mengggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 16 Juli mendatang. Polres setempat akan mengerahkan 371 personel untuk mengamankan pesta demokrasi masyarakat desa itu.

Kabag Ops Polres Bima Kabupaten, Kompol Muslih kepada Suara NTB, Rabu 13 Juli 2016 mengatakan desa di wilayah hukum Polres sebanyak 32 yang menggelar Pilkades. Setidaknya ada 42 Tempat Pemungutan Suara (TPS)

“Jadi masing-masing satu TPS nanti akan dijaga tiga orang anggota polisi,” ucapnya.

Dia mengatakan ratusan personel yang dikerahkan tersebut merupakan aparat gabungan Polres Bima Kabupaten, Polres Dompu dan sejumlah pasukan Brimob Subden A Bima.

“Kami akan tetap mengedepankan persuasif untuk mengamankan pilkades ini,” katanya.

Dia mengakui, sejauh ini pihaknya sudah memetakan wilayah atau desa yang rawan keributan selama Pilkades. Hanya saja, dia optimis jika pilkades serentak tahun 2016 akan berlangsung aman dan kondusif.

“Kita harapkan Pilkades ini sama seperti Pilkada 2015 kemarin. Yang berlangsung lancar dan aman,” akunya.

Selain itu, dia berharap kepada warga masing-masing tim atau kandidat Pilkades agar bersama menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Dia juga meminta agar tidak terpancing dengan ulah atau provokasi oknum tertentu yang mengganggu jalannya Pilkades.

“Kami meminta tim atau calon Kades yang terpilih nantinya agar tidak merayakan kemenangan yang memancing keributan. Sementara yang kalah memerima dengan baik dan tidak melakukan tindakan yang mengganggu ketertiban orang banyak,” pungkasnya. (uki)