Pilkada Sumbawa, Husni Disarankan Daftar Lewat DPW Nasdem

M. Husni Djibril.(Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – DPD Partai Nasdem Kabupaten Sumbawa sudah melakukan rapat pleno penetapan tiga nama dari sembilan orang yang ikut mendaftar sebagai kandidat bakal calon kepala daerah di Nasdem. Tiga nama tersebut kemudian akan diteruskan ke DPW Nasdem NTB untuk selanjutnya direkomendasikan ke DPP.

Dari sembilan nama kandidat yang mendaftar ke Nasdem tersebut, diketahui salah satunya adalah Bupati Sumbawa, Husni Djibril, yang akan maju sebagai bakal calon petahana. Namun ternyata, dari tiga nama yang diputuskan dalam rapat pleno Nasdem Sumbawa itu, tidak ada nama Husni yang masuk.

“Kemarin kita DPD sudah melakukan pleno dan dari sembilan orang itu kita voting untuk mengusulkan tiga nama dan Pak Husni nggak masuk (tiga besar),” ujar Ketua DPD Nasdem Kabupaten Sumbawa, H. Sa’at Abdullah saat dikonfirmasi di DPRD NTB.

Baca juga:  Sejumlah Bakal Calon Berebut Tiket Demokrat Sumbawa

Adapun tiga besar yang diputuskan DPD Nasdem Sumbawa untuk diteruskan ke DPW yakni Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah, Mukhlis (Mantan Kadis Pertanian NTB) dan H. Syarafuddin Jarot (Senior Manager PT AMNT). Berdasarkan hasil keputusan pleno, maka tiga orang itulah yang berhak untuk diusulkan ke DPW.

Nasdem memutuskan tiga nama tersebut tentu sudah mempertimbangkan berbagai aspek dan kalkulasi politik. Sehingga nama Husni yang notabene adalah figur petahana sekalipun tidak lolos masuk tiga besar itu. Kini Husni tengah bergerilya mencari partai pendukung setelah partainya sendiri, PDI-P memutuskan tidak mencalonkannya kembali.

Apakah Nasdem akan mempertimbangkan Husni kembali setelah dilepas PDIP? Sa’at menegaskan bahwa untuk di DPD Nasdem Sumbawa, pintu bagi Husni dipastikannya sudah tertutup. Sebab Nasdem tidak mungkin akan membatalkan keputusan yang sudah menetapkan tiga nama tersebut, dan Nasdem tidak bisa mengusulkan ke DPW lebih dari tiga nama.

Baca juga:  PKS Godok Sejumlah Opsi Paslon untuk Pilkada Sumbawa

“Kalau pintu melalui DPD telah terkunci rapat. Pasalnya pihak DPD sendiri telah melaksanakan pleno. Tapi dia masih punya kesempatan, dengan ikut mendaftar di DPW,” kata H. Sa’at.

Dengan adanya peluang untuk mendaftar di DPW Nasdem. Husni masih masih memiliki kesempatan untuk dapatkan dukungan dari Partai Nasdem. Karena itu Husni disarankan agar mendaftar lewat DPW Nasdem NTB.

“Beliau tinggal melakukan komunikasi dengan pihak DPW Partai Nasdem NTB. Karena sekarang kuncinya ada di DPW, beliau bisa melalui DPW. Karena, DPW diberikan kewenangan bisa menambah dua orang untuk direkomendasikan ke DPP. DPP sendiri memberikan jatah maksimal lima orang dari satu daerah, tiga dari DPD dan dua melalui DPW,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris DPW Nasdem NTB, Multazam mengatakan bahwa pihaknya masih membuka kesempatan pendaftaran bagi kandidat yang mau didukung Nasdem. Sebab sampai saat ini pihaknya masih belum melakukan pleno penetapan nama-nama kandidat yang akan di rekomendasi ke DPP.  Sebab berdasarkan PO partai, DPW diperbolehkan untuk menambahkan dua kandidat bakal calon yang akan dikirim ke DPP.

Baca juga:  PKS Godok Sejumlah Opsi Paslon untuk Pilkada Sumbawa

“Karena itu selama masih belum ada kepastian dari DPP, kapan akan kita pleno, maka selama itu kita masih bisa komunikasi untuk dua calon tambahan. Kalau hasil pleno di DPD tidak bisa diutak atik lagi,” jelasnya.

Ditegaskan Multazam bahwa DPW tidak melakukan intervensi terkait dengan penetapan tiga nama kandidat bakal calon kepala daerah yang akan diputuskan oleh masing-masing DPD untuk dikirim ke DPP. DPD diberikan keleluasaan untuk melakukan penilaian dan pencermatan terhadap figur-figur yang dinilai memiliki potensi untuk diusung dan memenangkan Pilkada. (ndi)