PKS Godok Sejumlah Opsi Paslon untuk Pilkada Sumbawa

0
7
Sambirang Ahmadi. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pasca keputusan PDIP tak mencalonkan Bupati Sumbawa, H. Husni Djibril. Berbagai opsi kandidat pasangan calon yang bakal diusung di Pilkada Sumbawa 2020 oleh koalisi PKS dengan PDIP terus bermunculan. Setelah paket pasangan Budi Suryata-Dewi Noviani, kini muncul paket pasangan Mahmud Abdullah-Dewi Noviani (Haji Mo-Novi).

Terkait hal tersebut, Wakil ketua tim pemenangan Pilkada DPW PKS NTB, Sambirang Ahmadi yang dikonfirmasi menyatakan bahwa kemunculan alternatif pasangan Mahmud Abdullah-Dewi Noviani baru sebatas opsi dari opsi yang lain yang coba ditawarkan PDIP. Namun oleh PKS sendiri sampai saat ini masih belum menyetujuinya.

“Kita belum iyakan paket ini (Haji Mo-Novi),” ujarnya kepada Wartawan, Rabu, 23 Januari 2020.

Dia mengakui, sebagai partai mitra koalisi PDIP sudah mengajukan paket Haji Mo – Novi.  Akan tetapi, PKS hingga saat ini belum ada keputusan apapun terkait arah dukungan di Pilkada. Ia mengungkapkan bahwa di internal PKS sendiri masih terjadi tarik ulur terkait siapa kandidat bakal didukung  di Pilkada Sumbawa.

Diungkapkannya, ada dua arus yang saat ini sedang berkembang di internal PKS yakni pertama, menghendaki kader internal yaitu Andi Tirta dan PKS dukung non kader yakni Dewi Noviani.

Pasalnya, hasil Pemira internal PKS sudah menetapkan dan merekomendasikan nama Andi Tirta sebagai balon Bupati. Akan tetapi, PDIP sebagai mitra koalisi lebih menghendaki Dewi Noviani untuk disandingkan dengan figur dari PDIP. “Karena itu ini terus kita bicarakan dan bahas lebih mendalam,” terangnnya.

Anggota DPRD Provinsi NTB itupun menyampaikan  partainya juga sudah mendorong Andi Tirta agar secepatnya menentukan dengan siapa dirinya berpasangan di Pilkada.

Begitu juga kepastian partai politik yang akan jadi mitra koalisi PKS untuk usung Andi Tirta sebagai balon Bupati. Andi Tirta diberikan batas waktu sampai Februari untuk menentukan pasangannya, dan berikan kepastian partai jadi mitra koalisi PKS.

  Masyarakat Elukan AHY dan TGB, Begini Tanggapan Roy Suryo

Dengan demikian, peluang dan potensi bagi Andi Tirta untuk tetap maju bertarung di Pilkada Sumbawa terbuka lebar. “Tapi jika opsi ini tidak mampu dipenuhi sesuai target ada, tentu kita dukung paket Haji Mo-Novi,” terangnya.

Namun demikian, jikapun nanti dalam perkembangannya Andi Tirta mampu memenuhi opsi itu misalnya dengan berikan jaminan partai mitra koalisi PKS. Maka dipastikan Andi Tirta tetap akan ajukan dan rekomendasi kepada DPP sebagai balon Bupati akan diusung PKS di Pilkada Sumbawa.

Begitu juga dengan opsi paket Haji Mo-Novi akan direkom juga ke DPP. Tinggal kemudian, berbagai pertimbangan dan telaah DPP akan memutuskan dan menentukan siapa paket paslon akan mengantongi tiket PKS di Pilkada Sumbawa.

“Biarkan nanti DPP putuskan siapa usung di Pilkada Sumbawa,” ucapnya.

Dia memastikan siapapun nanti yang diputuskan oleh DPP untuk diusung di Pilkada Sumbawa. Maka  dipastikan jajaran kader dan pengurus partai di daerah akan tunduk, patuh dan solid untuk melaksanakan keputusan tersebut. Kendati, dalam proses penentuan arah dukungan di Pilkada ada dinamika dan tarik menarik di internal PKS.

“Jika itu sudah jadi keputusan DPP, wajib kita kader di daerah amankan apapun keputusan itu,” tegasnya. (ndi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here