Final, PKS Dukung Petahana di Pilkada KSB

0
5
Ketua TPPD sekaligus ketua DPD PKS KSB, Norvie Aperiansyah (tengah) didamping Abidin Nasar dan Sekretaris PKS KSB saat menggelar konpres pengumuman final dukungan PKS di Pilkada KSB.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung pasangan Dr. Ir. H. W. Muayafirin, MM – Fud Syaifuddin, ST (Firin-Fud) di Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Finalisasi dukungan PKS terhadap pasangan petahana itu disampaikan Tim Pemenangan Pemilu Daerah (DPPT) PKS KSB dalam keterangan persnya, Senin, 20 Januari 2020.

“Kami mengumumkan hari ini resmi mengusung bapak Dr. H. W. Musyafirin, MM dan bapak Fud Syaifuddin, ST masing-masing sebagai calon bupati dan wakil bupati  KSB untuk Periode 2020 — 2024,” cetus Ketua TPPD sekaligus Ketua DPD PKS KSB, Norvie Aperiansyah.

Ia menjelaskan, pengumuman dukungan resmi partainya terhadap pasangan Firin-Fud itu sesuai dengan perintah DPW PKS NTB. Selanjutnya menindaklanjuti dukungan tersebut, kini pihaknya beserta seluruh jajaran di bawahnya di tingkat kabupaten diinstruksikan mulai melakulan konsolidasi struktur dan kader untuk memenangkan calon yang telah diusung.

“Jadi tugas kami berikutnya tinggal konsolidasi internal dan eksternal bersama partai pengusung lainnya memenangkan calon yang kita usung itu,” katanya.

Norvie mengaku, sementara ini SK penetapan mengusung pasangan Firin-Fud itu belum dikantongi pihaknya. Namun atas instruksi DPW PKS NTB ia dan seluruh jajaran pengurus dan kader partai meyakini dukungan partainya tersebut sudah final dan mengikat.

“SK-nya masih berpores di pusat (DPP) dan kami yakini sudah pasti karena kami gelar acara hari ini atas perintah DPW. Dan SK itu juga kami yakin dalam waktu segera akan diterbitkan DPP,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, anggota TPPD PKS KSB, Abidin Nasar, SP, MP dalam sambutan pembukanya menyampaikan, finalisasi dukungan partainya terhadap pasangan calon Firin-Fud bukan muncul secara tiba-tiba. Partainya jauh sebelumnya telah menggelar proses penjaringan dan penyaringan sesuai mekanisme yang berlaku di PKS.

  KPU NTB Tunggu Pembahasan Anggaran Pilkada 2018

Saat penjaringan, selain pasangan Firin-Fud pihaknya telah mengajukan dua nama lain untuk diseleksi di TPPW PKS NTB. Dua nama itu yakni H. Andi Azis Amin dan Drs. HM. Nur Yasin. Dalam perjalanan, TPPW PKS NTB meminta TPPD PKS agar melaksanakan penyaringan dengan menciutkan dua pasangan saja yang akhirnya TPPD memilih pasangan calon Firin-Fud dan pasangan calon Andi Azisi Amin – Ahmad Ilung. Di mana calon wakil bupati pasangan Andi Azisi yakni Ahmad Ilung, masuk  di tengah jalan proses penyaringan.

“Yang kita ajukan dua calon itu tentu dengan semua argumentasi masing-masing calon. Mulai dari elektabilitas, upayanya membangun koalisi dengan partai lain dan banyak hal lainnya. Termasuk juga hasil survei elektabilitas kami terhadap mereka,” papar Abidin.

Setelah dua nama pasangan calon tersebut diajukan ke DPW, lanjut Abidin, TTPW PKS KSB tidak lagi melalukan seleksi. Usulan TTPD tersebut dilangsungkan ke DPP untuk ditetapkan. Dan terakhir turunlah perintah DPW PKS agar DPD PKS KSB mengumumkan dukungan finalnya kepada pasangan HW. Musyafirin-Fud Syaifuddin hari ini. “Kami tegaskan pengumuman hari ini kami sampaikan atas perintah DPW,” imbuhnya.

Untuk diketahui PKS menjadi partai pertama yang resmi mengumumkan finalisasi arah dukungannya di Pilkada KSB tahun ini. Tidak saja di internal jajaran calon partai pengusung pasangan calon petahana, tetapi juga dari seluruh partai pemilik kursi di DPRD yang memiliki hak mengusung calonnya di Pilkada keempat KSB nanti. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here