Beranda Dompu Pilkada Dompu, Pasangan Abdul Kadir – Nurlaela Targetkan Dukungan Enam Partai

Pilkada Dompu, Pasangan Abdul Kadir – Nurlaela Targetkan Dukungan Enam Partai

0
9
Pasangan Cabup-cawabup Kabupaten Dompu, Abdul Kadir Jaelani-Nurlaela Chairunnisa didampingi Ketua DPC PKB Dompu, M. Amin dalam satu kesempatan di Mataram. (Suara NTB/ndi)

Mataram (Suara NTB) – Kandidat pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Dompu, Abdul Kadir Jaelani – Nurlaela Chairunnisa, optimis bisa lolos untuk menjadi peserta Pilkada 2020. Pasalnya ia meyakini dan memastikan ada enam partai politik yang akan bergabung ke dalam gerbong partai koalisi pengusungnya.

Hal itu disampaikan langsung oleh calon Bupati Dompu, Abdul Kadir Jaelani, saat ditemui di Mataram. Diungkapkannya enam partai yang berpeluang besar menjadi kendaraan politiknya untuk melaju sebagai peserta Pilkada Dompu yakni PKS, Demokrat, PDI-P, Gerindra, Nasdem dan PKB. “Persiapan kami menuju Pilkada Dompu, sebagai Cabup, saya hanya bertugas melobi lima dukungan partai yang lain. Karena untuk PKB itu menjadi bagian tugas dari wakil saya, yang kebetulan dia adalah kader PKB sendiri,” ujar Abdul Kadir.

Jika dukungan enam partai itu berhasil diambilnya, maka dipastikan pasangan ini bakal mengendari koalisi gemuk untuk menghadapi Pilkada Dompu. Namun demikian Abdul Kadir tidak bertujuan untuk membangun koalisi gemuk, tapi prioritas utamanya adalah bagaimana memastikan koalisi partai yang dibangunnya bisa memenuhi syarat untuk menjadi peserta Pilkada di KPU.

“Sebanarnya masing-masing calon juga klaim dukungan, tapi tinggal kita tunggu saja, karena kita sama getol berjuang untuk mendapatkan dukungan partai. Target kami hanya bisa lolos jadi calon dulu, tapi alangkah baiknya kalau bisa melebihi dan lobi-lobi politik terus kita upayakan,” terangnya.

Pada dasarnya, untuk pasangan ini tidak terlalu berat untuk bisa lolos sebagai pasangan calon. Sebab, Nurlaela salaku kader PKB, sendiri jika bisa mengunci dukungan dari partainya sendiri yang memiliki empat kursi di DPRD Dompu. Praktis pasangan ini tinggal mencari tambahan dua kursi lagi, sehingga mencukupi enam kursi sebagai syarat pengajuan calon ke KPU.

  Rakernas MUI Bahas Sejumlah Isu Strategis

“Saya adalah kader PKB, Insya Allah hampir 90 persen sudah Acc mendukung kami, mudah-mudahan partai yang lain juga demikian,” ujar Nurlaela, yang juga mantan anggota DPRD Provinsi NTB ini menambahkan. Lanjut disampaikan Abdul Kadir bahwa salah satu kekuatan pada pasangan ini yakni pertama dari kombinasi pengusaha dan politisi.

Kemudian kombinasi gender yakni laki-laki dan perempuan. Selanjutnya adalah tentu Nurlaela yang merupakan Putri dari mantan Bupati Dompu, Mpu Beko setidaknya memberikan pengaruh yang cukup besar kepada pasangan ini. “Saya ambil Nurlaela jadi pasangan, tentu tak bisa kita nafikan, pengaruh orang tua Nurlaela, Mpu Beko masih ada. Bahkan kekuatan yang dimiliki oleh Bupati yang sekarang, Bambang M Yasin ini juga warisan dari pengaruh Mpu Beko,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua DPC PKB Dompu, M. Amin menyampaikan bahwa partainya tentu akan memberikan prioritas terhadap kader sendiri untuk didukung tampil maju bertarung pada Pilkada serentak 2020 Dompu. “Ada empat figur yang mendaftar di kami, tapi tentu kami akan berikan prioritas kepada kader. Kita punya empat kursi, mereka tinggal cari dua kursi tambahan lagi. Kita serahkan ke calon soal untuk koalisi,” ujar Amin yang juga Wakil Ketua DPRD Dompu ini. (ndi)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − four =