Pilkada KLU Najmul Segera Umumkan Nama Balon Wakil

Najmul Akhyar (Suara NTB/ndi)

Mataram (Suara NTB) – Kandidat bakal calon petahana Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) Najmul Akhyar memasti dalam waktu dekat ini dirinya akan segera mengumumkan nama figur yang bakal menjadi calon wakilnya pada Pilkada serentak 2020. Karena,  pembahasan untuk wakil sudah hampir rampung.

“Soal wakil Insya Allah akan disampaikan dalam satu dua pekan ke depan. Dari sejak awal soal wakil ini kami godok dengan sangat baik dan kenapa saya tidak mau sampaikan dulu, karena kita tidak mau hari ini dengan ini, besok dengan yang lain lagi. Karena bagi saya wakil ini adalah bagian dari kerja politik yang sistematis,” ujar Najmul saat dikonfirmasi usai mengikuti pembukaan Rakerwil DPW PPP NTB di Mataram, Sabtu, 11 Januari 2020.

Diakui Najmul, saat ini sudah banyak nama-nama yang beredar di publik yang akan menjadi wakilnya. Menurutnya nama-nama tersebut memiliki peluang yang sama. Bahkan beberapa di antaranya secara langsung sudah menemui dirinya untuk berkomunikasi, menjajaki peluang untuk menjadi pasangan.

“Tapi saya sampaikan bahwa semua punya peluang yang sama,  mereka saya ajak  komunikasi, partai juga saya ajak, prinsipnya kita sama-sama bermusyawarah. Bagi saya wakil itu yang penting ada chemistry dengan kita, itu penting karena dalam melaksanakan tugas lima tahun ini, tidak mudah,” tegasnya.

Diakui Najmul, dirinya banyak disodorkan oleh parpol untuk mengambil kadernya sebagai wakilnya. Dari semua parpol tempat dia mendaftar hampir rata-rata menyodorkan kadernya kepada Najmul. Namun semua usulan itu dipertimbangkan Najmul dengan sangat baik, tentu juga dengan mengajak parpol tersebut untuk mendalami, dan menghitung kans politik jika bersama figur-figur yang ditawarkan itu.

“Tidak ada dinamika yang alot, meski banyak parpol yang menawarkan kadernya. Tapi semua itu kan butuh pertimbangan. Dari parpol-parpol yang lain, hanya Golkar yang sangat elegan, begitu selesai rapat langsung Pak Suhaili (Ketua DPD Golkar NTB) bilang ke saya soal wakil diserahkan ke Pak Bupati, karena wakil ini tidak bekerja dengan kami (partai) tapi sama pak Bupati, sehingga mana nyamannya bapak silahkan,” ungkap Najmul.

Selain fokus untuk menggodok siapa yang bakal jadi wakilnya, Najmul juga memberikan perhatian serius terhadap dukungan parpol yang akan menjadi partai pengusungnya. Najmul berencana dirinya bakal usahakan untuk membangun koalisi gemuk pada Pilkada 2020 ini. Sehingga ia tak membatasi diri untuk membangun komunikasi dengan partai politik.

“Komunikasi dengan parpol terus kita galang dengan sebanyak-banyaknya partai. Karena saat ini belum ada partai yang sudah mengeluarkan putusan dukunganya secara tertulis. Sehingga peluang masih terbuka, dan kita juga tidak bisa mengklaim dukungan, tapi setidak-tidaknya tanpa mendahului, komunikasi kita sudah cukup baik,” katanya.

“Bahkan dengan Golkar, saya ikut dilibatkan langsung dalam sidang plenonya, dan di sana dinyatakan secara terbuka mendukung saya di Pilkada 2020. Begitu juga dengan Demokrat partai saya sendiri dan juga PAN, serta Nasdem. Insya Allah dengan partai yang lain juga, kita sudah bangun komunikasi, dan selanjutnya tentu keputusan kita serahkan ke partai,” sambungnya. (ndi)