Lima Anggota KPU NTB Terpilih, Ditetapkan KPU RI

Ketua KPU NTB, L. Aksar Ansori (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – KPU RI telah menetapkan lima calon anggota KPU Provinsi NTB terpilih hasil dari fit and propertest, Sabtu, 19 Januari 2019. Penetapan tersebut dituangkan dalam keputusan nomor 6/PP.06.pu/05/KPU/I/2019 tentang penetapan calon anggota KPU provinsi dan calon anggota KPU kabupaten kota periode 2019 – 2024.

Kelima calon anggota KPU provinsi NTB terpilih tersebut yakni Suhardi Soud, SE, Agus Hilman, S. Sos, M.Si, Yan Marly, M.Pd, Zuriati, SP dan Syamsuddin. Mereka merupakan urutan lima besar dari delapan orang peserta fit and propertest calon anggota KPU Provinsi NTB.

Peringkat lima besar secara otomatis ditetapkan sebagai anggota KPU terpilih. Sedangkan tiga nama lainnya masuk dalam daftar tunggu atau cadangan, jika terjadi pergantian komisioner KPU Provinsi NTB selama periode tersebut, yakni Muhammad Saleh, S.IP, MH, Rosdyanto, ST dan Rohini Hasmi, SE.

Baca juga:  DKPP Jatuhkan Sanksi Copot Jabatan Ketua KPU Loteng

Ketua KPU Provinsi NTB, Lalu Aksar Ansori yang dikonfirmasi terkait hal tersebut, membenarkan bahwa lima nama calon anggota KPU Provinsi  NTB terpilih sudah ditetapkan dan diumumkan KPU RI. “Nama-nama calon anggota yang terpilih sudah diumumkan di website resmi KPU dan bisa diakses semua pihak” katanya.

Setelah diumumkan, untuk pelantikan anggota KPU NTB terpilih rencananya akan dilaksanakan, Selasa, 22 Januari di Jakarta. Karena masa jabatan kepengurusan KPU sebelumnya habis pada tanggal 22 itu juga.

Praktis kami hanya bekerja tinggal sehari saja, karena anggota yang baru akan langsung dilantik tanggal 22,” katanya.

Oleh karena itu, Aksar pun mengucapkan selamat kepada yang terpilih serta dapat mengemban amanah dengan baik sehingga penyelenggaraan pemilu maupun Pilpres yang sebentar lagi akan digelar dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Baca juga:  Ketua KPU RI Minta Pelanggaran Etik KPU Loteng Jadi Pelajaran

Diketahui dari lima calon anggota KPU terpilih tersebut, dua diantaranya merupakan anggota  KPU saat ini yang kembali terpilih. Mereka adalah Suhardi Soud dan Yan Marli.

Calon komisioner KPU NTB terpilih, Yan Marli yang dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya dan rekannya yang lain akan dilantik dan diambil sumpah jabatan sebagai anggota KPU NTB periode 2019 – 2024 pada tanggal 22 Januari oleh ketua KPU RI di Jakarta. “Insya Allah, selasa (22/1) kami dilantik” terangnya.

Ia mengatakan, dengan kian dekat pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden digelar secara serentak, maka usai dilantik, pihaknya akan langsung dihadapkan pada berbagai kerja kerja kepemiluan. Misalnya, fit and propertest bagi calon anggota KPU kabupaten kota se NTB, dan berbagai tahapan pelaksanaan Pemilu 2019.

Baca juga:  KPU Sediakan Layanan Info Pemilu Berbasis Digital

“Jadi usai dilantik, kami langsung tancap gas terkait tahapan pemilu,” katanya. Senada dengan calon anggota KPU NTB terpilih lainnya, Suhardi Soud juga mengatakan, sebagai komisioner KPU terpilih pihaknya akan melanjutkan berbagai persiapan bagi tahapan penyelenggaraan pemilu sudah diprogramkan dan dilaksanakan komisioner KPU periode 2014 – 2019.

Pasalnya, komisioner KPU NTB baru akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab penyelenggaraan kepemiluan, di tengah proses penyelenggaraan pemilu sedang berlangsung. “Karena kita dipilih dan dilantik di tengah proses pemilu sedang berlangsung, tentu program dan persiapan pemilu sedang dilakukan KPU sebelumnya akan kita lanjutkan” pungkasnya. (ndi)