Tiga Tokoh Resmi Daftar di Penjaringan Nasdem KSB

Tim penjaringan DPD Nasdem KSB saat menerima pengembalian formulir pendaftaran Mustakim Patawari, salah satu bakal calon yang mendaftar ke Nasdem KSB. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Tiga tokoh akhirnya secara resmi mendaftar dalam penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati  yang dibuka DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sumbawa Barat. Ketiga tokoh yang mendaftar ke partai besutan Surya Paloh tersebut, diantaranya Drs. H. Muhammad Nur Yasin, Fud Syaifuddin, ST dan Mustakim Patawari. LM, STP.

Resminya mendaftar ketiga tokoh itu ditandai dengan mereka mengembalikan formulir pendaftaran ke sekretariat penjaringan DPD Nasdem KSB, Senin, 14 Oktober 2019. Pihak panitia penjaringan Nasdem secara berturut-turut menerima pengembalian formulir yang diantar langsung oleh bakal calon bersangkutan.

“Alhamdulillah hari ini ada tiga yang kita nyatakan resmi mendaftar ke kami. Ini ditandai dengan mereka mengembalikan formulir ke kami,” terang ketua DPD Partai Nasdem KSB, Jamaluddin Refi kepada wartawan.

Ia menjelaskan, sejak dibukanya penjaringan pada 23 September lalu, tercatat 6 orang yang telah mengambil formulir pendaftaran. Selain tiga orang yang sudah mengembalikan hari ini, tiga lainnya masing-masing Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM, H. Andy Azisi Amin, SE., M.Sc dan seorang pendaftar dari kalangan internal partai Nasdem.

Baca juga:  Ahda Berpeluang Pasangan dengan Mohan

“Yang belum mengembalikan formulir atau mau ambil formulir masih ada waktu. Kami masih buka pendaftaran sampai 23 Oktober nanti,” paparnya.

Refi menyatakan, syarat pendaftaran yang dibuka partainya selain mengisi formulir, kehadiran bakal calon saat pengembalian formulir sifatnya wajib. Menurutnya, syarat itu bukan soal gagah-gagahan atau mau menunjukkan egoisme

partainya. Akan tetapi sebelum panitia penjaringan resmi menerima formulir bakal calon, partainya menerapkan mekanisme wawancara langsung kepada bakal calon bersangkutan.

“Itu sudah ketentuan internal kami. Jadi siapa pun yang punya minat mendapat dukungan Nasdem ya wajib datang sendiri saat mengembalikan formulir,” tegasnya.

Selanjutnya ia memaparkan, penjaringan yang dibuka pihaknya nanti akan menyeleksi hingga menetapkan 3 bakal calon yang dianggap layak. Selanjutnya 3 bakal calon tersebut akan diusulkan ke  DPP partai untuk ditetapkan satu bakal calon terpilih.

Baca juga:  24.922 KTP, Syarat Dukungan Balon Perseorangan Kota Mataram

“Kalau mau tahu nanti tiga orang yang terpilih. Mereka yang akan kita ajak saat Munas November nanti. Nah kalau finalnya ya keputusan DPP,” bebernya seraya menambahkan, bakal calon diajukan secara individu. “Bukan bentuk paket ya,” koreksi Refi.

Tiga figur tokoh yang resmi mendaftar ke Partai Nasdem itu sendiri, bukanlah wajah-wajah baru bagi publik KSB. HM Nur Yasin misalnya, salah satu tokoh ulama KSB ini pada Pilkada 2015 lalu maju sebagai calon bupati. Berpasangan dengan Masra Jayadi, Ustad Non sapaan karibnya mendapat dukungan 3 partai, yakni PAN dan Hanura.

Berikutnya Fud Syaifuddin. Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, sebagaimana diketahui adalah wakil bupati KSB mendampingi HW. Musyafirin sekarang ini. Terakhir Mustakim Patawari, salah satu tokoh politisi muda KSB ini adalah ketua DPC Partai Demokrat. Dan dengan partainya, Mustakim memiliki modal 2 kursi untuk melanggengkan pencalonannya di Pilkada KSB 2020 mendatang. (bug)