Ifan Bustanuddin Yakin Dompu Bisa Lebih Maju dan Sejahtera

Ifan Bustanuddin (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Ifan Bustanuddin, SE, MM, putra M. Thahir Umar dan Hj. Halimah Dompu yang lama berkarir sebagai birokrasi di Kabupaten Pati Jawa Tengah bakal menjadi salah satu calon Bupati Dompu pada Pilkada 2020 mendatang. Sejumlah wilayah dan tokoh masyarakat di Dompu sudah dikunjungi untuk bersilaturahmi terkait rencana pencalonannya. Ia pun optimis, Kabupaten Dompu bisa lebih maju dan sejahtera masyarakatnya bila dikelola dengan baik.

“Daerah kita sudah luar biasa, tinggal ditingkatkan. Pengalaman saya di Jawa (sebagai pejabat) yang cocok di daerah ini, akan diaplikasikan,” ungkap Ifan Bustanuddin, SE, MM, yang masih menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Pati Jawa Tengah ini.

Kabupaten Dompu memiliki kemiripan dengan Kabupaten Pati tempatnya mengabdi saat ini, yaitu sama – sama memiliki daerah pertanian. Namun daerah tersebut jauh lebih maju karena adanya kolaborasi masyarakat, pemerintah daerah, dan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam setiap pembangunan. “Membangun itu harus libatkan masyarakat. Sekecil apapun anggarannya, kalau ada keterlibatan masyarakat akan tercapai juga pembangunannya,” ungkap Ifan yang lahir pada 13 Desember 1964 ini.

Peranan birokrasi juga harus dimaksimalkan. Penggunaan aplikasi dalam pelayanan dan pengawasan, menjadi bentuk pengoptimalan kinerja birokrasi. Ketika birokrasi bisa bekerja efektif, maka pembangunan juga akan lebih cepat terasa manfaatnya. Karena anggarannya maksimal dikelola bagi pembangunan.

Baca juga:  Pilkada 2020 Tetap Digelar Meski Melawan Kotak Kosong

Kendati menjadi PNS di luar daerah sejak 1 Maret 1992 dan mulai menjabat eselon IIb sebagai kepala BKD tahun 2006, Ifan tetap memantau perkembangan Dompu. Daerah ini juga memiliki potensi alam yang luar biasa dan didukung anggaran pembangunan dan belanja daerah (APBD) yang memadai. Kabupaten Pati yang memiliki penduduk

sekitar 1,4 juta hanya memiliki APBD sekitar Rp2,8 triliun. Sementara Kabupaten Dompu dengan penduduk sekitar 260 ribu, tapi memili APBD sekitar Rp1,2 triliun. “Ini sangat luar biasa. tinggal dimaksimalkan untuk mempercepat pembangunan,” katanya.

Ia pun mengaku sudah siap meninggalkan jabatannya sebagai Asisten 3 Setda dan Plt Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati untuk maju di Pilkada Dompu. Walupun ia masih beberapa tahun untuk masuki usia pensiun dari ASN. Tetapi komitmennya membangun Dompu jauh lebih besar. “Saya sudah siap lahir dan bathin,” katanya.

Terkait kendaraan politik, Ifan mengaku, sudah membangun komunikasi dengan beberapa partai politik. Diantaranya PPP, PKS, Partai Nasdem dan beberapa partai politik. Untuk pasangan, sedang dikomunikasikan seiring dengan membangun komunikasi dengan partai politik.

Baca juga:  Tiga Tokoh Resmi Daftar di Penjaringan Nasdem KSB

Ifan Bustanuddin yang menikah dengan Like Hermawati, SE, MM ini memiliki 2 orang putri. Ifan memiliki riwayat pendidikan SDN 1 Dompu tahun 1977, SMPN 1 Dompu tahun 1981, SMA di Irmas Ujung Pandang (Makassar) tahun 1984, S1 di Universitas Muslim Indonesia Ujung Pandang tahun 1990, dan S2 di STIE Stikubank Semarang tahun 2005. Di Kabupaten Pati, Ifan sempat menduduki beberapa jabatan eselon IIb, diantaranya sebagai kepala BKD tahun 2006, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi tahun 2010, Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan SDM tahun 2013, Sekwan tahun 2017, Asisten Administrasi Setda Kabupaten Pati tahun 2017 hingga saat ini.

Di Dompu, Ifan memiliki hubungan iparan dengan mantan Bupati Dompu, Drs H Hidayat Ali, Dra Hj Samsidar (pensiunan asisten 1 Setda Dompu), Drs Rizman MT mantan Kabag Persidangan Setwan DPRD Dompu. Ifan juga masih paman dari Muhammad Subhan, Ketua DPC PPP Dompu dan Nasrun Hanif, SE, MM kepala Bagian Adminitrasi Pembangunan dan ULP Setda Dompu. (ula/*)