Berikan Target

Najamuddin Mustafa (Suara NTB/ndi)

KALANGAN wakil rakyat di DPRD Provinsi NTB, menyerukan kepada Gubernur NTB untuk menerapkan manajemen yang kuat dalam mengelola kinerja birokrasi di lingkup Pemprov NTB. Dengan demikian diharapkan ada peningkatan atas kinerja mesin birokrasi. Sehingga apa yang menjadi visi-misi Gubernur bisa tercapai.

Hal itu disampaikan oleh anggota DPRD Provinsi NTB, dari Fraksi PAN, H. Najamuddin Mustafa. Menurutnya setiap pejabat harus diberikan target kerja dalam satu tahun anggaran. Dengan demikian maka akan memacu semangat pejabat untuk bekerja sampai memenuhi target yang sudah ditetapkan.

“Gubernur itu harus berani tegas kepada bawahannya. Berikan mereka target capaian kerja dalam satu APBD kepada bawahanya. Sehingga jelas tolak ukur untuk menilai capaian kerja dari pejabat yang bersangkutan,” katanya.

Hal itu dinilai Najamuddin sangat penting untuk ditetapkan, jika Gubernur ingin memastikan apa yang menjadi targetnya sesuai visi-misi, bisa tercapai. Sebab bagaimanapun, bahwa penentu dari tercapainya semua visi-misi Gubernur tersebut sangat tergantung dari kecakapan mesin birokrasi dalam menerjemahkan kebijakan Gubernur.

Dengan sistem tersebut diyakini Najamuddin, Gubernur bisa bertindak cepat jika melihat kinerja pejabat yang bersangkutan tidak mampu untuk merealisasikan target yang sudah ditetapkan. “Kalau tidak mampu ya pejabat itu harus angkat kaki. Jangan dipaksakan, berikan kepada yang mampu,” tegasnya.

Menurutnya, sebagus apapun visi-misi dari Gubernur, akan sia-sia jika tidak dipastikan mesin birokrasi yang akan menjalankan secara teknis tidak dapat menerjemahkan visi-misi tersebut dalam bentuk terobosan-terobosan program. (ndi)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.