Pilkada Loteng, PKB Terbuka terhadap Semua Figur

Lalu Pelita Putra (Suara NTB/ndi)

Mataram (Suara NTB) – DPC PKB Kabupaten Lombok Tengah, sedang mempersiapkan proses internal untuk menghadapi Pilkada serentak 2020. Dibulan Oktober ini, PKB akan membentuk tim desk Pilkada yang akan bekerja untuk melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan diusung.

“Insya Allah Oktober ini semua sudah rampung, tim desk Pilkada kita terbentuk dan baru kemudian bekerja untuk melakukan penjaringan, kita buka pendaftaran,” ujar Ketua DPC PKB Loteng, Lalu Pelita Putra, yang dikonfirmasi, di ruang kerjanya.

Dengan dibentuknya tim deks Pilkada ini, maka PKB tidak menutup diri hanya untuk kader Internal saja. PKB juga membuka diri terhadap figur-figur yang berasal dari luar kader, yang ingin maju di Pilkada. PKB menjamin akan memperlakukan sama semua kandidat yang mendaftar, baik kader maupun non kader.

‘’Intinya siapapun dia, baik kader dan dari luar kader, dia harus tetap mengikuti proses penjaringan internal partai. Siapapun yang mendaftar di PKB, semua punya peluang yang sama untuk diusung,” tegasnya.

Baca juga:  Pilkada KLU, Djohan Syamsu Kantongi Empat Figur Balon Wakil

Dijelaskan Pelita, dalam penentuan siapa pada akhirnya yang akan diputuskan untuk diusung PKB. Dalam proses penjaringan tersebutlah akan ditentukan. Semua figur yang mendaftar akan digodok. Sehingga sampai ditemukan figur yang dinilai memenuhi kriteria untuk diusung.

“Sementara memang kita konsen di internal, belum ada komunikasi yang serius. Nanti setelah buka pendaftaran baru kita

lihat kapasitas masing-masing. Siapa yang mendaftar, akan kita uji dan akan kita tes kualitasnya dengan instrumen yang kita miliki,” jelasnya.

Diketahui, sejumlah nama figur yang digadang-gadang memiliki potensi besar untuk mengendarai PKB dalam menghadapi Pilkada serentak Lombok Tengah 2020, yakni dari kalangan luar kader adalah mantan Ketua KPU NTB, yang juga sekretaris PW NU NTB, Lalu Aksar Ansori, kemudian wakil Bupati, Pathul Bahri. Mereka digadang-gadang, karena merupakan tokoh dari kalangan NU.

Baca juga:  Pilkada 2020 Tetap Digelar Meski Melawan Kotak Kosong

“Kader-kader dari NU punya peluang yang sama, meskipun kita anggap dia adalah dari luar PKB. Silahkan saja mereka ikut daftar. Kalau dari internal sendiri baru dua orang yang sudah siap, ada Ketua DPW, Lalu Hadrian dan Ketua DPC saya sendiri siap maju,” katanya.

Sementara itu, PKB berencana membangun koalisi besar di Pilkada Loteng. Namun demikian, untuk komunikasi dengan partai-partai dalam rangka penjajakan peluang membangun koalisi masih belum terlalu serius, karena fokus untuk mejaring figur yang akan diusung. Setelah menemukan figur bakal calon yang akan diusung, baru kemudian akan dimulai secara intensif penjajakan koalisi.

“Pembicaraan belum terlalu jauh, kita baru diskusi-diskusi saja dengan teman-teman parpol yang lain. Sedapat mungkin kita akan upayakan untuk membangun koalisi sebanyak-banyak partai. Karana kami sadar bahwa kita hanya 6 kursi, sementara dibutuhkan 10 kursi untuk bisa mengusung,” pungkasnya. (ndi)