Syafi’i Siap Bertarung di Pilkada Loteng

Lalu Syafi'i (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Bakesbangpoldagri Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Syafi’i, MM., menyatakan kesiapannya untuk ikut bertarung dalam kontestasi politik Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Lombok Tengah. Sebagai bentuk keseriusannya, ia telah mulai melakukan proses kerja-kerja politik.

Salah satunya yang sedang berjalan yakni kegiatan survei elektabilitas. “Ya Insya Allah saya siap untuk ikut tampil. Sekarang kita sedang melakukan survei dulu. Surveinya sekarang sedang berjalan,” ujarnya saat dikonfirmasi, di sela-sela memantau jalannya aksi demonstrasi mahasiswa di DPRD Provinsi NTB, Senin, 30 September 2019 kemarin.

Dijelaskan Syafi’i, kegiatan survei pendahuluan tersebut ia lalui untuk melihat bagaimana respons masyarakat terhadap figur dirinya yang akan maju menjadi bakal calon kepala daerah di Lombok Tengah. Dari hasil survei itulah, akan menjadi dasar dirinya nantinya untuk mengambil keputusan final. Apakah niatnya untuk ikut bertarung akan dilanjutkan atau tidak.

Baca juga:  Pilkada KLU, Djohan Syamsu Kantongi Empat Figur Balon Wakil

“Pendekatan politik pertama yang harus kita lakukan harus survei. Karena kita harus lihat respons masyarakat dulu seperti apa. Kalau kiranya respons masyarakat itu luas, maka secara politik harus kita ambil, tapi kalau kira-kira kecil, maka jangan maju,” katanya.

Ditegaskannya, untuk ikut dalam kontestasi Pilkada serentak 2020, dirinya tidak bisa hanya dengan modal ambisi belaka. Namun harus realistis dalam menghitung peluang politik yang ada untuk dirinya. Jika sekiranya ia memilliki

peluang kecil, maka ia memastikan diri tidak akan melanjutkan untuk maju.

“Karena kalau kita paksakan diri maju, maka itu konyol namanya. Kalau maju untuk kalah itu orang politik tidak dikenal, yang dikenal itu adalah maju untuk menang. Jadi kita tunggu dulu seperti apa respons masyarakat,” katanya.

Sembari melakukan survei untuk mengukur tingkat elektabilitas dirinya. Syafi’i juga mengaku cukup intens membangun komunikasi politik dengan partai-partai dalam rangka penjajakan peluang dukungan. Diakuinya sudah ada beberapa partai politik yang sudah menjalin komunikasi dengan dirinya. Hanya saja, komunikasi yang sudah terbangun baru sebatas tahap penjajakan saja.

Baca juga:  Pilkada 2020 Tetap Digelar Meski Melawan Kotak Kosong

“Kalau dengan partai terus kita berkomunikasi, terus berjalan. Tapi masih sebatas menyamakan visi-misi saja, masih diskusi lepas, belum ada komitmen. Kita berikan kesempatan kepada partai untuk menilai kami, kalau dianggap layak dan pantas, ya silahkan kita bersama-sama membangun Lombok Tengah,” katanya.

Komunikasi juga dibangun dengan sejumlah figur-figur bakal calon yang lain, untuk saling menjajaki peluang menjadi pasangan. Menurutnya ia juga mendorong figur-figur muda Loteng untuk ikut ambil bagian dalam pertempuran politik menuju Loteng I pada Pilkada serentak 2020 mendatang. Sebab, menurutnya, dalam kurun waktu 10 tahun mendatang, Loteng butuh pemimpin yang memiliki visi jauh untuk menggali potensi yang dimiliki daerah tersebut untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ndi)