Mengenal Andi Bachtiar, Ketua DPRD Dompu 2019-2024

Dompu (Suara NTB) – Anggota DPRD Dompu periode 2019 – 2024 pada Senin, 30 September 2019 hari ini resmi dilantik dan diambil sumpahnya. Jabatan Ketua DPRD Dompu yang menjadi hak partai Nasdem sebagai pemenang Pemilu, dipercayakan kepada Andi Bachtiar, A.Md.Par. Nama Andi Bachtiar sebelumnya banyak diragukan akan ditunjuk sebagai Ketua DPRD Dompu, walaupun ia memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin lembaga perwakilan rakyat tersebut.

Andi Bachtiar merupakan anggota DPRD Dompu periode 2014 – 2019 dari Partai Nasdem dapil Dompu 3 meliputi Kecamatan Manggelewa, Kempo, dan Pekat. Pada masa ini, Andi duduk di Komisi 3 yang membidangi pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Infrastruktur sejak 2014- 2016. Setelah itu, ia dipercaya rekan – rekannya menjadi Ketua Komisi 1 yang membidangi hukum dan aparatur pemerintahan.

Pada Pemilu 17 April 2019 lalu, Andi yang kembali mencalonkan diri pada dapil Dompu 4 meliputi Kecamatan Kempo dan Pekat ini kembali terpilih dengan dukungan suara yang cukup signifikan yaitu 2.405 suara. Andi merupakan 1 diantara 4 caleg terpilih dari Partai Nasdem Kabupaten Dompu. Di Partai Nasdem, Andi Bachtiar merupakan Wakil Ketua DPD Kabupaten Dompu bidang politik dan pemerintahan. Ia juga merupakan Sekretaris Fraksi Partai Nasdesm DPRD Kabupaten Dompu.

Sebelum menjadi anggota DPRD Kabupaten Dompu, Andi merupakan anak yang sudah berorganisasi dan kreatif. Beberapa organisasi pernah dipimpinnya seperti menjadi Ketua OSIS SMAN 1 Kempo di tahun 1992, Ketua Umum Senat Mahasiswa Akademi Pariwisata Mataram tahun 1999,

Sekretaris Umum Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Dompu (HPMD) Mataram tahun 1999, Ketua BPD Desa Kempo tahun 2001, dan Ketua BPD Desa Taa tahun 2012.

Ia juga sempat mendirikan lembaga kursus dan pelatihan Bahasa Inggris Tamaras tahun 2011, Yayasan Pendidikan Islam Ibnu Abbas Kempo tahun 2011, dan Yayasan Nisa Permata Dompu serta Lembaga Pengembangan Potensi Pariwisata Dompu tahun 2001.

Karakter yang sederhana dan mudah bergaul membuat Andi mudah diterima banyak orang. Hal ini membuatnya lolos mengikuti program magang dan pertukaran Budaya Indonesia dan America di Orlando Florida – USA sejak 2 Juli – 23 September 2003. Pengalamannya ini membuat ia diterima sebagai staf (server) pada ARK Company di Union Station Washington DC – USA sejak September 2003 – Juli 2006, dan menjadi staf (server) pada Mchormick & Smhick Company di Metro Station Washington DC – USA sejak Agustus 2006 – 2008.

Selama di Amerika, Andi Bachtiar pernah menjadi bintang tamu pada station televisi Voice Of America (VOA) di Washington DC – USA pada Event World Cup Talk Show tahun 2006 yang disiarkan secara langsung melalui televisi nasional Indonesia, dan mendapat sertifikat penghargaan dari Duta Besar RI untuk USA atas partisipasi sebagai peserta dalam kegiatan National Cherry Blosson Festivities tahun 2006 di Washington DC – USA.

Andi Bachtiar, putra dari pasangan Andi Jufri dan Hj Maniara ini merupakan putra Kempo kelahiran Mataram, 18 Maret 1976 berdomisili di Dusun Permata Hijau Desa Taa Kecamatan Kempo. Memiliki seorang istri, Ipannurrahman dan dikaruniyai 4 orang putra putri yaitu Tasyabillah pandi Utami (mahasiswi UMM Malang), Nur Marsha Ivandy (kelas II SMAN 1 Dompu), Muh Ibnu Abbas (kelas V SDN 1 Kempo), dan Alisha Azzahra Ivandy (usia 3 tahun). (ula/*)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.