DPP Golkar Putuskan Isvie Ketua DPRD NTB

Hj. Baiq Isvie Rupaeda (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – DPP Partai Golkar telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang penetapan Ketua definitif untuk DPRD Provinsi NTB. Dalam SK DPP Golkar nomor : R-1147/Golkar/IX/2019, yang dikeluarkan tanggal 18 September lalu, menetapkan Hj. Baiq Isvie Rupaeda, SH, MH., menjadi calon Ketua DPRD Provinsi NTB.

Dalam SK tersebut, DPP Golkar juga mengistruksikan kepada DPD I Golkar Provinsi NTB untuk segera menindaklanjuti proses penetapan pimpinan DPRD Provinsi NTB di maksud sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yakni meneruskan SK DPP tersebut ke DPRD Provinsi NTB untuk ditetapkan lewat sidang paripurna penetapan Ketua DPRD Provinsi NTB yang definitif.

Pimpinan sementara DPRD Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda yang dikonfirmasi, Sabtu (21/9), membenarkan penetapan dirinya menjadi Ketua definitif DPRD Provinsi NTB periode 2019-2024. Selaku sekretaris DPD I Golkar NTB, ia akan segera mengirimkan SK tersebut ke DPRD NTB agar segera diproses untuk penetapannya.

“Insya Allah Senin (hari ini) kita akan masukkan ke DPRD, untuk nanti

dibacakan surat masuk dari Golkar di sidang paripurna. Sehingga kemudian diagendakan untuk paripurna penetapannya,” ujar Isvie di kediaman pribadinya.

Setelah proses penetapan di DPRD NTB, baru kemudian diusulkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk ditetapkan. Setelah keluarnya SK penetapan pimpinan definitif dari Mendagri tersebut, maka proses selanjutnya yakni pelantikan pimpinan DPRD Provinsi NTB.

Penetapan Isvie menjadi Ketua DPRD Provinsi NTB oleh partainya merupakan prestasi yang sangat luar biasa bagi Isvie. Karena ia merupakan satu-satunya perempuan yang berhasil terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi NTB pada Pemilu 2019 lalu. Sebagai Ketua DPRD Provinsi NTB, Isvie bakal memimpin  64 anggota yang semuanya adalah laki-laki.

Dalam perebutan calon Ketua DPRD NTB, Isvie bersaing dengan tiga rekannya sesama anggota fraksi Golkar, yakni Ketua harian DPD I Golkar NTB, H. Misbach Mulyadi, dan Ketua Fraksi yang juga Ketua AMPG DPD I Golkar NTB, Lalu Satriawandi. Namun dengan berbagai pertimbangan dan melihat track record, DPP memutuskan memilih Isvie.
(ndi)