Pilkada Loteng, PAN Beri Sinyal Dukungan ke Lalu Syafi’i

Lalu Syafi’i (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Bakesbangpoldagri Pemprov NTB, Lalu Syafi’i menjadi salah satu figur yang digadang-gadang bakal ikut bertarung di Pilkada Lombok Tengah 2020. Kini ia mulai dilirik oleh sejumlah partai politik. Salah satu partai yang tertarik untuk mendukung Syafi’i di pilkada Loteng adalah PAN.

Ketua DPW PAN NTB, H. Muazzim Akbar yang dikonfirmasi mengakui, PAN memiliki kedekatan dan hubungan sangat baik dengan Lalu Syafi’i. Sehingga yang bersangkutan sedang ditelaah dan dikaji kemungkinan untuk didukung dan usung PAN di Pilkada Loteng. “Putra beliau (Lalu Syafi’i, red) adalah ketua DPD PAN Loteng, jadi wajar jika namanya dipertimbangkan,” katanya, Rabu, 21 Agustus 2019.

Menurutnya, sebagai bentuk keseriusan Syafi’i maju di Pilkada Loteng, mantan kepala Dinas Dikbud NTB itu sudah membangun dan menjajaki komunikasi politik dengan PAN. Bahkan, yang bersangkutan sudah berjanji bersedia mundur sebagai ASN, beliau akan bergabung dan jadi kader PAN.

Sebab itu, PAN sangat terbuka dan akomodatif dengan komunikasi yang sudah dijalin dan dijajaki kepala Bakespoldagri Pemprov NTB. “Pak Syafi’i sangat berpeluang diusung PAN,” ungkapnya.

Baca juga:  24.922 KTP, Syarat Dukungan Balon Perseorangan Kota Mataram

Namun demikian, PAN di Loteng hanya mengantongi dua kursi di DPRD setempat. PAN butuh parpol mitra koalisi untuk mengusung pasangan calon (paslon). Sebab itu, Pihaknya juga sudah meminta kepada Lalu Syafi’i agar bangun dan jajaki komunikasi politik dengan parpol lainnya.

Dengan harapan, PAN memiliki mitra koalisi untuk mengusung paslon di Pilkada Loteng. ‘’Kandidat juga

kita minta berkontribusi mencari parpol mitra koalisi,” ungkap mantan Anggota DPRD NTB tersebut.

Walau begitu, hingga saat ini PAN baik kandidat maupun parpol belum ada kesepakatan politik apapun. Dengan situasi politik yang masih cair, sehingga pihaknya belum mau membuat kesepakatan politik. Tak hanya dengan lalu Syafi’i, sejumlah figur lainnya juga sudah membangun dan jajaki komunikasi politik. “Tentu kita terbuka kepada siapapun berhasrat maju di Pilkada melalui PAN,” imbuhnya.

Baca juga:  Pilkada 2020 Tetap Digelar Meski Melawan Kotak Kosong

Terpisah, Kepala Bakespoldagri Pemprov NTB, Lalu Syafi’i membenarkan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan PAN terkait keinginan maju mencalonkan diri di Pilkada Loteng. Ia memastikan akan maju di Pilkada Loteng melalui jalur Parpol. Sebab itu, komunikasi politik sudah dilakukan dengan parpol, termasuk PAN.

Dengan situasi dan kondisi politik dinamis, ia yakin akan memperoleh dukungan Parpol sebagai kendaraan untuk maju mencalonkan diri di Pilkada Loteng. “Insya Allah, kita cukup optimis bisa meraih dukungan Parpol,” ungkapnya.

Dengan siapa akan berpasangan di Pilkada Loteng, dia mengaku pihaknya sudah ada komunikasi dengan sejumlah figur. Seperti Lalu Aksar Ansori, Lalu Pelita Putra, Lalu Rudi Irham Srigede, dan sejumlah figur lainnya.

Kendati komunikasi dibangun dan dijajaki itu baru sebatas menyatukan pandangan dan persepsi terkait arah pembangunan di Loteng. Dengan rentang waktu Pilkada masih panjang, tak membuat pihaknya terburu-buru menentukan calon pendamping di Pilkada. (ndi)