Survei Pilkada, Golkar Petakan Kekuatan Politik di Tujuh Daerah

Hj. Baiq Isvie Rupaeda (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Sebagai partai besar yang sukses memenangkan Pemilu 2019 di beberapa kabupaten/kota di Provinsi NTB, Partai Golkar mulai mengambil ancang-ancang  menghadapi agenda politik Pilkada serentak 2020. Golkar sedang melakukan kegiatan survei mengukur tingkat elektabilitas figur yang bakal bertarung di daerah yang akan menggelar Pilkada tersebut.

Hal itu disampaikan Sekretaris DPD I Partai Golkar NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda, Selasa (20/8). Survei tersebut dilakukan untuk melihat peta politik di masing-masing daerah. Dari peta politik itulah kemudian dijadikan rujukan Golkar dalam mengambil langkah-langkah politik dimasing-masing daerah.

“Sekarang Golkar sedang melakukan survei untuk melihat dan mengukur kekuatan. Jadi semuanya disurvei, tidak hanya kader saja, tapi nama-nama calon yang lain juga disurvei. Kan nanti kelihatan petanya, siapa yang kuat dan siap yang lemah,” jelas Ketua DPRD Provinsi NTB itu.

Dikatakan Isvie, meskipun partainya memiliki stok kader yang cukup banyak untuk diajukan turun bertarung di Pilkada serentak 2020 mendatang. Namun Golkar tidak mau gegabah untuk cepat-cepat memutuskan. Golkar menargetkan bisa meraih kemenangan besar pada Pilkada 2020 di tujuh daerah kabupaten/kota di NTB. Karena itu, Golkar merasa penting untuk mengukur peta kekuatan politik yang bakal bertarung.

Baca juga:  Pilkada Mataram, Mohan : Kita Perlu Ukur Diri

“Hasil surveinya Insya Allah sekitar Bulan November akan keluar. Jadi nanti hasil survei itulah jadi bahan Golkar dalam menyusun kebijakan, siapa yang akan diusung dan siapa berpasangan dengan siapa, dan itu akan dilakukan oleh DPP nanti,” jelasnya.

Diungkapkan Isvie, dari tujuh daerah yang akan menggelar Pilkada serentak 2020 mendatang, Golkar telah menetapkan target memenangkan pertarungan di beberapa daerah seperti KLU, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Bima dan Dompu. Isvie memastikan Golkar akan mengusung kadernya sendiri di daerah-daerah tersebut.

“Kalau di Sumbawa dan KSB kita akui agak berat. Tapi dibeberapa daerah tadi seperti Mataram, Loteng, Bima, KLU dan Dompu, kita rebut jadi nomor satu, karena Golkar juga cukup baik disana. Bahkan seperti Mataram kita tidak perlu koalisi, bisa mengusung sendiri,” kata Isvie.

Baca juga:  Hadapi Pilkada, PAN Mulai Bergerak Usai Mukernas

Isvie pun mengungkapkan nama-nama kader Golkar yang potensial untuk diusung di beberapa daerah sebagai kandidat bakal calon, seperti di Mataram, dipastikan akan mengusung Ketua DPD II, Mohan Roliskana. Kemudian di KLU ada Ketua DPD II, Djekat, kemudian Mariadi dan Ihwan. Kemudian di Loteng ada ketua DPD II, Humaidi dan anak Suhaili, Ferdian. Di Bima dipastikan lagi calon petahana, Indah Damayanti Putri.

“Yang jelas kami akan turunkan kader-kader terbaik kami. Soal siapa yang akan digandeng jadi pasangannya nanti, kita lihat nanti dari hasil surveinya dan dengan siapa kita koalisi nanti, yang pasti kita mau menang,” tegasnya. (ndi)