Pilkada Serentak, PKS akan Lebih Masif Sosialisasikan Calon Internal

Yek Agil (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Di sejumlah daerah yang akan menggelar Pilkada serentak 2020, PKS melalui Pemilihan Umum Internal (PUI) telah memutuskan beberapa nama kadernya yang didorong untuk tampil di Pilkada. Kader-kader tersebut kemudian telah diperintahkan untuk mulai turun ke masyarakat melakukan sosialisasi dalam rangka meningkatkan elektabilitasnya.

Diketahui PKS telah menuntaskan pemilihan internal bakal calon kepala daerah di dua daerah yakni Lombok Tengah dan Kota Mataram. Di Lombok Tengah, PKS telah memutuskan empat kader yang digadang-gadang bakal diusung berdasarkan hasil pemilu internal. Sementara di Mataram, ada enam kader yang telah diumumkan sebagai kandidat bakal calon.

Wakil Ketua DPW PKS NTB, Yek Agil menyampaikan, partainya terus memantau dan akan mengevaluasi pergerakan para kadernya yang telah diputuskan sebagai kandidat bakal calon itu. Dari hasil evaluasi itu nanti, PKS akan mengerucutkan lagi menjadi dua orang diajukan ke DPP untuk mendapat rekomendasi dukungan.

Baca juga:  Pilkada Sumbawa, Demokrat akan Kembali Dukung Husni dengan Syarat Jadi Wakil

“Sekarang teman-teman yang sudah diputuskan jadi bakal calon lewat pemilihan internal itu sedang melakukan Sosialisasi untuk memperkanalkan dirinya. Nanti siapa yang paling tinggi elektablitas itu akan diajukan dua orang ke DPP sebagai calon,” jelasnya.

Karena itu, para kader yang sudah dicalonkan itu diminta untuk bergerak serius turun ke bawah memperkenalkan diri mereka secara masif. Begutu juga dengan kader-kader lain ikut bergerak mensosialisasikannya. Sehingga masyarakat mengenal mereka dan bisa mendapat dukungan. “Partai akan mengevalusinya nanti, hasil sosialisasi mereka nanti akan kelihatan, siapa yang paling besar diharapkan oleh masyarakat untuk maju,” kata anggota DPRD NTB itu.

Diketahui, di dua daerah tersebut, yakni Mataram dan Loteng, PKS berkomitmen kuat untuk bisa mengusung kadernya sebagai calon. PKS tidak mau lagi hanya sekedar menjadi partai yang mengusung calon kader dari partai lain seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya.

Baca juga:  Pilkada Mataram, Mohan Belum Temukan Figur Balon Wakil yang Tepat

“Selama ini pengalaman kita banyak usung kader partai lain, dengan pengalaman itulah sekarang kita  bertekad usung kader sendiri.  Kemenangan usung kader di Pilgub 2018 kemarin jadi semangat yang akan kita tulurkan kabupaten/kota,” katanya.

Diketahui enam kader PKS yang diajukan sebagai kandidat balon kepala daerah di Mataram tersebut yakni pertama, TGH. Achmad Muchlis, Kedua Ahmad Jafri, Ketiga Ismul Hidayat, keempat, Hj. Istiningsih, kelima, Muhammad Ahyar,  dan keenam, Hj. Vita Aliyah. Sementara empat orang yang diajukan di Pilkada Loteng yakni, Lalu Suryade, Yek Agil, H. Supli dan Patompo. Dari semua calon itu, nantinya akan dikecurutkan menjadi dua orang yang akan maju ke tahapan proses selanjutnya.

“Kader-kader itu akan sosialisasikan sampai April, untuk mengerucut jadi dua orang. Apakah akan jadi nomor satu atau dua nanti kita lihat perkembangannya” pungkasnya. (ndi)