Pilkada Sumbawa, Demokrat akan Kembali Dukung Husni dengan Syarat Jadi Wakil

Syamsul Fikri (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – DPP Partai Demokrat bakal mengutamakan mencalonkan kadernya untuk tampil maju bertarung di Pilkada serentak 2020 di tujuh kabupaten/kota di NTB.  Hal itulah kemudian yang menjadi dorongan bagi DPC Demokrat Sumbawa menampilkan kadernya ikut bertarung.

Namun demikian, Demokrat tidak mendorong kadernya sebagai calon Bupati, melainkan sebagai bakal calon wakil Bupati yang akan coba dipasangkan dengan bakal calon Bupati petahana, H. Husni Djibril. “Kita ingin kader Demokrat dampingi pak Husni di Pilkada 2020,” kata Ketua DPC Demokrat Sumbawa, Syamsul Fikri saat dikonfirmasi wartawan.

Bukan tanpa alasan opsi tersebut disampaikan oleh Syamsul Fikri. Pasalnya, di Pilkada 2015 lalu, koalisi Demokrat dan PDIP adalah parpol utama pengusung pasangan Husni Djibril – Abdullah Mo. Pasangan tersebut juga sukses memenangkan kontestasi di Pilkada Sumbawa.  Dalam Pilkada Sumbawa 2020 mendatang, Demokrat juga bakal melanjutkan berkoalisi dengan PDI-P untuk mengusung Husni, namun dengan syarat kadernya jadi wakil.

Baca juga:  Kendala Finansial, Mariadi Urungkan Niat Maju di Pilkada KLU

“Karena kita punya andil memenangkan beliau. Jadi hal yang wajar jika Demokrat ingin sandingkan kadernya di Pilkada Sumbawa  2020 nanti,’’ ungkap Anggota DPRD Sumbawa itu.

Itu tak terlepas dari arahan dan instruksi DPP, agar di Pilkada 2020 parpol berlambang mercy itu bisa mengoptimalkan kader untuk dijagokan di Pilkada. Pilkada Sumbawa, kata dia, salah satu Pilkada yang memperoleh atensi dari DPP. Karena raihan lima kursi di Pileg 2019 modal cukup signifikan bagi Demokrat untuk membangun dan jajaki posisi tawar dengan parpol lain, termasuk dengan PDIP.

“Sudah ada komunikasi ke arah itu. Baik dengan PDIP dan Pak Husni, meskipun belum ada kesepakatan politik apapun karena politik masih cair. Kita juga tidak mau terburu-buru menentukan arah koalisi dan pasangan pendamping di Pilkada Sumbawa,” jelasnya.

Baca juga:  Empat Kader Demokrat Berebut Tiket Dukungan Pilkada Loteng

Terkait figur yang akan dijagokan Demokrat di Pilkada Sumbawa. Dia mengakui selaku ketua DPC Demokrat Sumbawa dirinya salah satu kader yang dipersiapkan maju di Pilkada Sumbawa. Bahkan, dalam rakor dihadiri Sekjen DPP beberapa waktu  lalu, Hinca Panjaitan, Ia diminta langsung oleh DPP untuk maju mencalonkan diri di Pilkada Sumbawa. Namun, ia  belum bisa memberikan kepastian maju di Pilkada.

Hingga saat ini dirinya terus melihat perkembangan dan dinamika politik di Pilkada Sumbawa. Karena ia harus melihat dengan siapa dirinya berpasangan, dan mengukur peluang kemenangan di Pilkada Sumbawa. “Tetapi jika saya berpasangan pak Husni, tentu saya siap,” pungkasnya. (ndi)