Harus Banyak Belajar

Diella Angela Dwi Handayani (Suara NTB/fit)

DIELLA Angela Dwi Handayani, SH., menjadi anggota Dewan termuda yang dilantik bersama 39 anggota DPRD Kota Mataram lainnya, Selasa, 6 Agustus 2019. Memulai karir politiknya pada usia 26 tahun, Diella, begitu dia biasa disapa yang ditemui Suara NTB usai pelantikan anggota DPRD Kota Mataram kemarin, mengaku harus banyak belajar. Meskipun dunia kedewanan ini bukanlah hal baru baginya. Diella merupakan adik kandung dari Rangga Danu Meinaga Adhitama, SH., MH., anggota DPRD Kota Mataram periode 2014 – 2019 yang baru saja purnatugas.

”Awalnya saya tidak tertarik terjun di politik,” aku wanita kelahiran 30 Desember 1993 ini. Namun karena sering diajak sang kakak turun ke masyarakat, membuat anggota Dewan dari Partai Gerindra ini turut terpanggil untuk mewakili aspirasi masyarakat di parlemen Kota Mataram.

Menyikapi aspirasi masyarakat yang menginginkan anggota Dewan lebih sering turun ke masyarakat ketimbang hanya duduk di belakang meja, Diella berujar hal itulah yang akan dilakukan. Seolah ingin mengikuti jejak sang kakak, anggota Dewan dari Dapil Sekarbela ini, mengaku akan sering turun ke masyarakat. Dia pun ingin lebih dekat dengan masyarakat.

”Saya ingin mendengar secara langsung apa yang menjadi suara masyarakat,” kata peraih 981 suara pada Pileg 2019. Untuk itu, Diella berharap bisa duduk di Komisi IV agar bisa lebih banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat. Seperti diketahui, Komisi IV adalah Komisi yang membidangi antara lain masalah kesehatan, pendidikan dan ketenagakerjaan. Komisi IV dianggap sebagai Komisi yang membuat anggota dewan paling dekat dengan masyarakat. “Bisa membantu anak yang susah untuk mendapatkan pendidikan yang layak,” katanya. Namun demikian, penentuan siapa duduk di mana, tetap diserahkan kepada fraksi.

Meski masih terbilang junior, tidak lantas membuat Diella hanya mengikuti “tradisi” anggota Dewan yang minim kontribusi dalam hal sumbang saran dan pikiran dalam setiap rapat di Dewan. ”Tapi karena saya masih baru, tentu saya akan mempelajari dulu bagaimana sistem kerja Dewan,” ucapnya. Diella membutuhkan waktu untuk beradaptasi berikut mempelajari sistem kerja dewan hingga penghujung tahun 2019 ini.

Diella mengatakan, supaya bisa cepat beradaptasi dengan tugas tugas kedewanan, Diella mengatakan akan banyak belajar dan berdiskusi dengan senior seniornya di Partai Gerindra. Itu nantinya akan menjadi bekal bagi dirinya untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diwakilinya. ”Saya dari awal tidak pernah berjanji tapi saya akan usahakan semaksimal mungkin,” pungkasnya. (fit)