Farin Pimpin Gerindra, Muhammad Nahkodai PDIP Lobar

Ketua DPC Gerindra Lobar, Nauvar F Farinduan dan Ketua DPC PDIP Lobar, HL. Muhammad Ismail

Giri Menang (Suara NTB) – Dua parpol di Lombok Barat memiliki nahkoda baru. Dua parpol tersebut adalah PDIP dan Gerindra. Ketua DPC PDIP Lobar dijabat oleh Anggota DPRD Lobar HL. Muhammad Ismail. Politisi asal Taman Ayu Gerung ini menahkodai PDIP Lobar lima tahun kedepan, menyusul anggota dewan tiga periode ini terpilih melalui proses Konferensi Cabang Khusus (Konfercabsus) Partai berlambang banteng tersebut pada bulan Juli lalu. Sedangkan posisi ketua Gerindra Lobar dipegang oleh Nauvar F Farinduan yang juga Calon Anggota DPRD NTB terpilih.

Ketua DPC PDIP HL Muhammad yang dikonfirmasi Minggu, 4 Agustus 2019 mengatakan, ia terpilih menjadi ketua DPC PDIP Lobar setelah melalui tahapan awal mulai dari penjaringan bakal calon ketua DPC yang dilakukan DPP dimandatkan ke DPD NTB. Proses penjaringan ini dimulai tanggal 26 Juni 2019, dihadiri oleh utusan peserta terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, pengurus PAC dan pengurus DPD PDIP NTB. Setelah penjaringan ini, nama-nama calon ketua DPC diusulkan oleh pengurus PAC se-Lobar ke DPD untuk dilanjutkan ke DPP.

Setelah usulan ini, keluarlah SK berupa rekomendasi dari DPP yang menunjuk dirinya sebagai ketua DPC PDIP Lobar. “Dan SK ini diumumkan pada saat Konfercabsus dihadapan semua pengurus yang dilaksnakan 17 Juli lalu,”jelas dia. Sebagai ketua PDIP Lobar yang baru, politisi yang berlatarbelakang nelayan ini memiliki beberapa program untuk memajukan partai dan pembangunan daerah kedepan. Pertama, program kerja yang akan dilakukan adalah pembehahan internal kepengurusan mulai dari kecamatan (PAC) se-Lobar hingga ranting per desa. “Kami akan benahi dan konsolidasi seluruh kepengurusan partai disemua tingkatan baik PAC (kecamatan) hingga ranting (desa),”jelas dia.

Pihaknya juga akan mengupayakan penyiapan lahan untuk pembangunan kantor DPC berlokasi di wilayah Gerung. Penyiapan lahan ini ditagetkan selesai tahun depan.“Kami targetkan pembangunan kantor selesai insyallah tahun 2022,”jelas dia. Program kerja untuk memajukan partai, pihaknya akan membentuk wadah berupa koperasi bagi pengurus di semua tingkatan. Koperasi ini nanti dijahatkan untuk menunjang kegiatan pertai, mengelola keuangan partai. Melalui koperasi ini akan dilakukan pengembangan usaha dan wilayah binaan (konstituen). Rencananta kopersi ini akan dibentuk setelah kongres tanggal 8-11 Agustus di Bali. Setelah kongres ini kata dia, pihaknya akan menggelar rapat untuk membahas program kerja lima tahun kedepan. Pihaknya juga akan mengadakan arisan pengurus, dimana setiap rapat rutin satu bulan sekali akan diadakan arisan tersebut.

Sementara itu, Minggu, 4 Agustus 2029, Nauvar F Farinduan resmi dilantik menjadi Ketua DPC Gerindra Lobar oleh Ketua DPD Gerindra NTB H Ridwan Hidayat di Narmada. Farin sapaan akrab putra mantan Bupati Lobar, H Zaini Arony ini dilantik atas dasar SK DPP Gerindra Nomor 01-0004/Kpts/DPP-GERINDRA/2019. Pelantikan Farin dihadiri segenap pengurus, tokoh agama dan masyarakat serta Ormas. Farin menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. “Kami akan mengibarkan bendera panji partai Gerindra ke seluruh pelosok daerah ini,”kata Farin penuh optimis. Ia bersama pengurus yang dilantik berkomitmen bekerja untuk masyarakat dan membuat harum partai ini di Lobar.

Menurut dia, parpol ini sebuah alat, intrumen dimana tujuan hakiki dari parpol adalah bagaiamana mewuujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Sebagai pimpinan parpol, pihaknya memiliki tanggungjawab, pertama responsibility social, dimana mandate ini diberikan oleh rakyat. Sehingga tanggungajwab sosial ini kedepan, ia mengajak semua pengurus agar jangan lupa darimana berada. Kedua tanggungjawab culture responsibility atau tanggungjawab secara kultur budaya politi. Ia mengajak seluruh penurus dan pimpinan parpol untuk membangun kultur yang kondusif, tidak gontok-gontokan karena tujuan sesungguhnya adalah bagaimana membangun Lobar kedepan. Terakhir tanggungjawab historikal responsibility, bagaimana pun eksistensi pengurus seperti argo taksi terekam oleh masyarakat. “Harapan saya seluruh pengurus partai gerindra dari tingkat kabupaten sampai ranting agar selalu ingat bahwaa bagaimanapun apa yang kita lakukan dan katakan semua terekam oleh masyarakat. “Inilah harapan kami agar tangungjawab politik ini kita jaga marwahnya,”jelas dia. (her)