Ambil Start Lebih Awal, PKS Bentuk Tim Pemenangan Pilkada

Abdul Hadi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Jelang menghadapi pilkada serentak 2020 yang akan digelar di tujuh daerah Kabupaten/Kota di NTB. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mulai panaskan mesin politiknya. Hal itu ditandai dengan instruksi dari DPW PKS NTB bagi DPC kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada untuk mulai tahapan internal dengan membentuk Tim Pemenangan Pemilu Daerah (TPPD).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPW PKS NTB, H. Abdul Hadi yang dikonfirmasi, Sabtu, 20 Juli 2019. Pihaknya beberapa waktu lalu sudah memerintahkan dan instruksikan kepada DPC kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada 2020 untuk membentuk TPPD. Tujuannya agar komunikasi politik dan koordinasi di Pilkada lebih terarah, berjenjang dan terukur dalam melakukan komunikasi politik dengan parpol lain terkait koalisi. “Komunikasi politik nanti melalui TPPD ini,” ujar Hadi.

Dengan adanya TPPD tersebut, lanjut Wakil Ketua DPRD NTB itu,  juga bertujuan untuk memantau dan mencermati secara terus menerus tingkat penerimaan dari figur-figur
bakal calon kepala daerah mengemuka di tingkat publik. Termasuk figur yang dijaring di internal PKS.

Baca juga:  Pilkada 2020 Tetap Digelar Meski Melawan Kotak Kosong

TPPD ini juga akan mempersiapkan berbagai strategi maupun opsi politik bakal ditempuh PKS dalam membangun dan menjajaki koalisi di Pilkada. Dengan begitu, berbagai persiapan maupun langkah politik, serta upaya mesin politik partai dalam kerja-kerja politik bagi pemenangan di Pilkada lebih masif dan terukur.

“Konsolidasi dan koordinasi berbagai  strategi politik dan upaya pemenangan di Pilkada jadi terpusat di TPPD,” jelasnya.

Dengan kemenangan PKS di Pilgub NTB 2018 lalu, dan raihan suara cukup signifikan di Pileg 2019, cukup membuat parpol tersebut percaya diri dalam menghadapi pertarungan di Pilkada 2019. Baginya, kemenangan di Pilgub dan Pileg 2019, membuktikan mesin politik PKS cukup solid, kompak dan terukur.

Bahkan, beberapa Pilkada akan digelar di NTB akan dijadikan prioritas. Itu terlihat dari raihan kursi diperoleh PKS di DPRD pada Pileg 2019. Diantaranya, Pilkada Kota Mataram raihan empat kursi, Pilkada Loteng raihan lima kursi, dan Pilkada Sumbawa empat kursi. “Karena jadi Pilkada prioritas, PKS akan upayakan sekuat tenaga usung
kader di Pilkada di daerah itu,” katanya.

Baca juga:  Rencana Koalisi Golkar - Demokrat di Sejumlah Daerah Hampir Klop

Lebih lanjut disampaikan Hadi, TPPD itu juga nantinya akan melempar ke publik terkait nama-nama kader di tingkat internal sudah terjaring di pemira. PKS ingin mengamati dan mencermati tingkat penerimaan terhadap kader PKS. Berikutnya, akan dilakukan survei untuk mengukur tingkat elektabilitas para bakal calon tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC PKS kota Mataram, Ahmad Jafri membenarkan, sesuai arahan dan instruksi PKS NTB, DPC PKS Kota Mataram sudah membentuk TPPD. Dengan sudah terbentuk TPPD itu, nantinya akan bertugas dan bertanggung jawab melakukan komunikasi politik dan berbagai opsi politik bakal ditempuh PKS terkait koalisi dengan parpol lain di Pilwakot. “Kerja-kerja politik bagi pemenangan di Pilkada kota Mataram nanti ada di TPPD ini,” ujarnya. (ndi)