Nasdem Rebut Kursi Terakhir Dapil NTB II

Partai Nasdem

Mataram (Suara NTB) – Masuknya suara dari Kabupaten Tengah (Loteng) dalam rapat pleno rekapitulasi suara KPU Provinsi NTB menjadi babak terakhir dari dinamika  penentuan dalam perebutan kursi anggota DPR RI dari Dapil NTB II (Pulau Lombok).

Kursi ke delapan yang diperebutkan oleh dua partai yakni antara PAN dan Partai Nasdem, pada akhirnya menjadi milik Partai Nasdem setelah berhasil mengungguli perolehan suara PAN dengan selisih suara sebesar 2.940 suara.

Partai Nasdem berhasil mengantongi dukungan sebesar 19.864 suara di Loteng. Dengan perolehan suara itu, Nasdem memiliki total perolehan sebesar 113.395 suara.

Sementara PAN yang berharap dengan masuknya suara dari Loteng, akan mampu mengungguli Nasdem. Namun dengan perolehan suara dari Loteng yang masuk untuk PAN sebesar 35.935 suara, belum mampu mendongkrak partai berlambang matahari terbit itu untuk mengunci kursi terakhir Dapil NTB II. Total suara PAN sebesar, 110.455 suara.

Adapun Caleg yang akan melenggang ke Senayan dari Partai Nasdem adalah M. Syamsul Luthfi setelah memastikan diri meraih suara terbanyak dari semua Caleg Nasdem. Perolehan suara kakak kandung mantan Gubernur NTB dua periode, Dr. TGH. M. Zainul Majdi itu mampu mengungguli perolehan suara Caleg patahana, Dr. Kurtubi.

Baca juga:  Rendah, Partisipasi Masyarakat Kawal Tahapan Pencalonan

Sementara tujuh Caleg lainnya yang mewakili masyarakat NTB ke Senayan yakni, H. Bambang Kristianto dari Partai Gerindra, Suryadi Jaya Purnama dari PKS. Sari Yuliati dari Partai Golkar, H. Rachmat Hidayat dari PDIP, Nanang Samodra dari Partai Demokrat, Helmy Faishal Zaini dari PKB, dan Hj. Wartiah dari PPP.

Sementara itu dari Dapil NTB I (Pulau Sumbawa) dari hasil rekapitulasi suara KPU di semua daerah di Pulau Sumbawa, memperlihatkan bahwa tiga partai yang memastikan diri memperoleh kursi wakil rakyat Senayan.

Di Dapil I, perolehan suara terbesar ditempati oleh Partai Gerindra yang mengantongi dukungan sebesar 121.1469 suara. Gerindra akan mengirim Zainul Arifin sebagai peraih suara terbanyak. Zainul Arifin berhasil mengantongi dukungan sebesar 41.046 suara.

Baca juga:  Rendah, Partisipasi Masyarakat Kawal Tahapan Pencalonan

Kursi ke dua dipesan oleh PKS, yang memperoleh dukungan terbesar ke dua dengan total perolehan suara sebanyak 100.986 suara. Adapun Caleg yang akan dikirim yakni Johan Rosihan yang mengantongi suara terbanyak dengan total dukungan 46.058 suara.

Kursi ke tiga jadi milik PAN yang mengantongi perolehan suara sebanyak 89.795 suara. PAN masih tetap akan mengirim Caleg petahana, H. M. Syafrudin, ST  yang mengantongi dukungan 67.456 suara.

Dari semua partai yang berhasil memesan kursi Senayan dari NTB, tercatat Gerindra dan PKS masing-masing mengirimkan dua wakilnya untuk duduk di Senayan.

‘’Alhamdulillah kita bisa mendapatkan dua kursi DPR RI dari dua Dapil di NTB. Ini tentu capaian yang luar biasa bagi partai kami,’’ ujar Ketua DPW PKS NTB, H. Abdul Hadi kepada Suara NTB. (ndi)