Dua TPS di Kota Mataram Gelar PSU

Suasana PSU di TPS 5 Cakra Utara Kota Mataram (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – KPU Kota Mataram akhirnya menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara (TPS), Kamis, 9 Mei 2019. PSU digelar di TPS 11 Mayura dan TPS 5 Cakra Utara.

Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa atau HPPS Bawaslu Kota Mataram, Dewi Asmawardhani, mengatakan PSU di TPS 11 digelar lantaran ada 10 pemilih yang ikut memilih, padahal pemilih tersebut memiliki e-KTP luar Mataram. ‘’Kemudian 10 pemilih tersebut tidak memiliki atau membawa A5,’’ ujarnya.

Sementara di TPS 5 Cakra Utara, ada pemilih yang bukan berdomisili di sana dan tidak memiliki A5, tetapi ngotot memilih. Belakangan diketahui dia saksi salah satu peserta pemilu.

Baca juga:  Safari Ramadhan di Dompu, Gubernur Apresiasi Sikap Warga di Pemilu 2019

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris KPU Provinsi NTB, Mars Ansori Wijaya membenarkan bahwa telah dilakukan PSU di dua TPS di Mataram, yakni TPS 5 Cakra Utara dan TPS 11 Mayura.

PSU tersebut dilakukan tidak untuk semua jenis surat suara. Di TPS 5 Cakra Utara, PSU dilakukan hanya untuk pemilihan Presiden dan DPR RI. Sedangkan di TPS 11 Mayura PSU dilakukan hanya untuk Pilpres saja.

‘’PSU di TPS 5 Cakra Utara itu untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Anggota DPR RI Dapil NTB 2 dan TPS 11 Mayura hanya untuk Pemilu Presiden dan Wakil Prsiden,’’ jelasnya.

Baca juga:  Safari Ramadhan di Dompu, Gubernur Apresiasi Sikap Warga di Pemilu 2019

Pantauan Suara NTB,  proses PSU tersebut berjalan tertib dan lancar. Adapun hasilnya, Untuk di TPS 11 sendiri, jumlah pemilih menurun saat PSU. Pada Pemilu April yang lalu,  yang memilih sebanyak 221 orang. Sementara saat PSU yang memilih sebanyak 155 orang.

Pada TPS 11 di Mayura, pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh suara 146, sementara Prabowo-Sandi memperoleh sembilan suara, dengan satu suara tidak sah. Sedangkan, di TPS 5 Cakra Utara, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 111 suara, sementara Prabowo-Sandi hanya memperoleh empat suara. (ndi)