Zul-Rohmi Dilantik 17 September

0
420

Mataram (Suara NTB) – KPU Provinsi NTB menyerahkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Dr. Zulkieflimansyah – Dr. Sitti Rohmi Djalilah sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih periode 2018-2023, hasil Pilkada serentak NTB 2018, ke DPRD NTB, Kamis, 26 Juli 2018.

Penyerahan SK penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih itu agar DPRD NTB kemudian mengusulkan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2018-2023, oleh Presiden.

Penyerahan SK penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori, yang didampingi anggota dan sekretaris. Mereka diterima oleh Wakil Ketua DPRD NTB, H. Abdul Hadi.

“Baru saja kita terima SK penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTB terpilih  hasil Pilkada 2018, oleh  KPU ke DPRD NTB,” ujar Hadi.

Baca juga:  Sebulan Menjabat, Zul - Rohmi Buat 13 Gebrakan

Selanjutnya, setelah menerima SK  penetapan dari KPU tersebut. Pihaknya kemudian akan segera untuk mengusulkan pelantikan gubernur dan wakil gubernur NTB ke Presiden, yang direncanakan pada tanggal 17 September.

“Setelah kita terima, selanjutnya oleh DPRD diajukan ke Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan SK pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih oleh Pesiden RI,” jelas Hadi.

Sementara itu, Lalu Aksar Ansori menerangkan, dengan telah diserahkannya SK penetapan cagub dan cawagub terpilih hasil Pilkada NTB 2018 ke DPRD. Maka tinggal menunggu proses pelantikan oleh Presiden yang direncanakan pada gelombang pertama, tanggal 17 September mendatang.

Baca juga:  Resep Dr. Zul Kelola Hubungan dengan DPRD

“Kalau sudah diusulkan oleh DPRD  melalui Mendagri, tinggal menunggu jadwal pelantikan oleh presiden. Untuk NTB Insya Allah dapat gelombang pertama, tanggal 17 September,” katanya.

Diketahuinya pasangan Zul-Rohmi resmi ditetapkan KPU sebagai Cagub dan Cawagub  NTB terpilih setelah berhasil meraih perolehan suara tertinggi dari empat pasangan yang berlaga di Pilgub NTB 2018. Pasangan Zul-Rohmi memimpin perolehan suara sebesar 811.945 suara, atau 31.80 persen. Kemudian perolehan suara terbesar kedua ditempati oleh pasangan Suhaili-Amin yang memperoleh dukungan 674.602 suara, atau 26.42 persen. Posisi perolehan suara ketiga berhasil dikunci oleh  Ahyar-Mori yang memperoleh 637.048 suara atau 24.95 persen, dan peroleh suara terakhir oleh pasangan Ali-Sakti memperoleh 430.007 suara, atau 16.84 persen. (ndi)