Final, Koalisi Demokrat dan PKS Pada Pilkada NTB 2018

Selong (Suara NTB) – Menjelang perhelatan akbar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 mendatang, sejumlah partai politik mulai mengerucutkan para mitra koalisi. Di tengah persiapan tarung politik tersebut, H. M. Syamsul Luthfi salah satu bakal calon masih belum terbuka soal siapa yang akan mendampinginya.

Dihubungi Suara NTB via whatsapp, Ketua DPC Partai Demokrat Lotim dan mantan Wakil Bupati Lotim itu menjawab singkat soal pasangannya yang masih dirahasiakan. “Pasangan sudah ada tapi masih dirahasiakan,” ucapnya.

Soal mitra koalisi, bagi Demokrat, Pilkada Lotim dan Pilkada NTB harus linier. Ia pun mengaku Demokrat sudah final berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejaktera (PKS). Apakah nama-nama figur PKS nantinya menjadi wakilnya? kakak Kandung Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi ini belum mau menjawab.

Sementara itu Ketua DPD II Golkar Lotim, Daeng Paelori menyebut, langkah partainya sangat berpengaruh besar sesuai arah koalisi yang sudah terbangun di pilkada provinsi. Pasangan H. M. Suhaili FT – H. Muh. Amin untuk gubernur dalam koalisi Golkar – Nasdem diprediksi juga bisa mengarah ke koalisi serupa partainya di tingkat kabupaten.

Golkar Lotim, katanya  makin mantap mengarahkan dukungan untuk pasangan H. M. Sukiman Azmy dan H. Rumaksi. Meski demikian, segala kemungkinan politik bisa terjadi kemudian sesuai perkembangan politik.

Ketua Nasdem yang dikonfirmasi terpisah mengaku belum berani menjelaskan apa-apa pasca “islah politik” ketuanya H. M. Amin dengan H. M Suhaili yang sebelumnya diketahui sama-sama di Golkar. “Saya belum bisa menjawab, nanti kita dengarkan lagi sesuai hasil rapat,” ucapnya.

Sedangkan, ketua DPC PDIP Lotim, Lalu Lukman mengatakan pasca diributkan retak dalam koalisi trisaksi, ia menegaskan koalisi mendukung paket Sukma itu sudah utuh kembali. Hanya saja tidak ditampik juga segala kemungkinan keputusan politik dalam waktu singkat bisa berubah.

Pasangan Sukma, diyakininya bisa menang dalam Pilkada 2018 mendatang. Ada juga lawan-lawannya yang tangguh. Namun banyaknya partai yang masuk turut mengusung mantan Bupati Lotim itu makin memantapkan langkah PDIP untuk meraih kemenangan. (rus)