Demokrat Lobar Siap Dukung TGH. Hasanain Juaini

Giri Menang (Suara NTB) – Partai Demokrat Lombok Barat (Lobar) pasti mendukung sosok TGH. Hasanain Juaini yang didukung oleh NW untuk maju sebagai calon bupati (cabup) pada Pilkada Lobar tahun 2018 mendatang. Sebab selain didukung organisasi terbesar di NTB itu, Demokrat juga punya pertimbangan sosok TGH. Hasanain dinilai paling visibel dari sisi popularitas dan elektabilitas serta kapabilitasnya yang bagus.

Penegasan ini disampaikan Barisan Muda Demokrat NTB yang juga anggota Fraksi Demokrat DPRD Lobar, Indra Jaya Usman pada Suara NTB, Jumat, 7 Juli 2017.

Pada Pilkada Lobar ini, jelas Indra, Demokrat tidak mungkin menjadi parpol ikut-ikutan, namun harus mengusung calon nomor 1. Hal ini sesuai keputusan PB NW, jika TGH. Hasanain Juaini paling visibel bagi Demokrat Lobar untuk diusung.

Selain itu, sosok TGH. Hasanain Juaini termasuk kedekatan dengan Partai Demokrat, sehingga pihaknya tidak mungkin menyerahkan dukungan pada orang yang tak mau peduli atau tidak berkomunikasi dengan Demokrat. NW, jelasnya, memang entitas yang lain dari Demokrat, namun bagaimanapun ada kedekatan dengan Partai Demokrat, terutama setelah TGB menjadi Ketua PB NW dan TGH. Hasanain ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal PB NW.

Pihaknya tidak bisa mengingkari secara real politik, kekuatan NW di NTB dan kabupaten/kota cukup besar. Untuk itu, pihaknya tidak mungkin berspekulasi mendukung kandidat lain hanya berdasarkan citra-citra di media sosial. “Keputusan NW ini merupakan kekuatan massa, karena NW ini kekuatan massa di Lobar,” jelasnya.

Ketika ditanya apakah Partai Demokrat tidak ada melakukan penjaringan, politisi asal Narmada ini menegaskan mekanisme penjaringan tetap ada. Terkait kemungkinan kandidat lain ragu mendaftar karena sudah ada nama TGH Hasanain Juaini, menurut Indra belum tentu demikian. Kalau kandidat lain merasa ragu, dirinya tak mempersoalkannya.

Ia menambahkan pihaknya akan memperjuangkan kandidat yang didukung NW, baik di level provinsi atau kabupaten dengan berkomunikasi politik dengan parpol lain. Tentu komunikasi untuk membetuk koalisi permanen mulai Pilkada NTB hingga Pilbup Lobar, sebab pilkada ini serentak.

Diakuinya, secara formal belum diputuskan pengusungan TGH. Hasanain Juaini oleh Partai Demokrat, karena ada mekanisme dan rekomendasi dari pusat. Namun jauh sebelumnya pengusungan kandidat cagub dan cabup ini sudah dibahas sejak lama, sebab hal termasuk suara-suara dari kader Partai Demokrat di bawah, bahkan sudah diadakan rakor membahas hal ini.

“Jauh-jauh hari ada aspirasi dari kader bukan hanya keputusan soal ini, namun ada dinamika yang kemudian ditangkap oleh TGB dan Ketua DPD I. Bukan dadakan,” tegasnya. (her)