Dewan Sebut Anggaran KPU NTB Sebesar Rp 15 Miliar Sesuai Kebutuhan

Mataram (suarantb.com) – Ketua Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD NTB,  Drs. H. Ali Ahmad, SH mengatakan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk KPU NTB pada APBD 2017 dari usulan awal sebanyak Rp 23 miliar sudah sesuai dengan  kebutuhan. Untuk itu, ia meminta KPU NTB agar menggunakan anggaran yang ada secara maksimal, efektif dan efisien.

“Saya kira dana Rp 15 miliar sudah proporsional,” ujarnya, Rabu, 14 Desember 2016.

Ia mengatakan usulan angka Rp 23 miliar oleh KPU tersebut merupakan hitungan kebutuhan maksimal. Oleh sebab itu, dana yang saat ini disetujui untuk anggaran KPU pada APBD 2017 sebesar Rp 15 miliar tersebut sudah cukup memadai. Karena nominalnya tidak terlalu jauh dari angka yang diusulkan diawal.

“Saya kira diberikan Rp 15 miliar dari usulan Rp

23 miliar sudah luar biasa. Karena ini rasionalisasi anggaran yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, untuk kemungkinan penambahan anggaran pada APBD Perubahan 2017,  Ali mengatakan kemungkinan tersebut bisa saja terjadi apabila KPU NTB selaku penyelenggara Pilkada membutuhkan tambahan anggaran. Akan tetapi, ia tetap meyakini  angka Rp 15 miliar sudah cukup maksimal.

“Ya kita lihat saja nanti. Hal itu mungkin-mungkin saja. Tergantung dari situasi dan kondisi yang ada,” katanya.

Terlepas dari itu, Politisi senior PAN mengatakan bahwa yang paling penting untuk dilakukan KPU saat ini adalah mengelola dana anggaran yang ada tersebut secara efektif dan efisien. Sebab kalau prinsip penggunaan anggaran secara efektif dan efisien itu diterapkan oleh KPU, ia meyakini jumlah anggaran tersebut cukup memadai untuk memenuhi semua biaya melaksanakan tahapan Pilkada 2017.

“Insya Allah KPU bisa memanage dengan baiklah. Pasti cukup,” pungkasnya. (ast)