Dewan Tunggu KPU NTB Bahas Anggaran Pilkada

Mataram (suara NTB.com) – Kalangan DPRD NTB menunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan kebutuhan anggaran Pilkada 2018. KPU NTB masih belum membicarakan besaran kebutuhan anggaran kepada DPRD NTB, khususnya Komisi I yang membidangi masalah politik, hukum dan pemerintahan.

Hal tersebut dikatakan anggota Komisi I DPRD NTB,  H. Lalu Darma Setiawan, yang ditemui suarantb.com di ruang kerjanya, Kamis, 14 Juli  2016. Darma Setiawan mengaku pihaknya belum menerima laporan terkait dengan rencana KPU NTB yang akan mengkonsultasikan anggaran untuk Pilkada 2018 mendatang.

Meski Pilkada NTB baru akan digelar pada 2018 mendatang, namun tahapanya sudah akan dimulai pada 2017 mendatang. Itu artinya, proyeksi anggaran sudah harus dibuat atau sejak tahun ini. Pembahasan mengenai item anggaran ini tentu akan dilakukan pada saat dibahasnya Rancangan APBD NTB 2017.

Baca juga:  Koalisi Masyarakat Antar Ribuan Salinan Petisi Tolak Kunker Dewan ke Luar Negeri

Mengenai kebutuhan anggaran Pilkada, kata Darma Setiawan, hal tersebut tergantung dari kebutuhan KPU NTB. Namun tentu akan dilihat apakah substansi dari penambahan anggaran sudah sesuai atau tidak. Jika tidak sesuai, maka DPRD  tidak akan menyetujui anggaran untuk Pilkada 2018 tersebut.

Baca juga:  Dewan Sisakan Tunggakan Kerugian Negara Rp2,4 Miliar

“Itu kan tergantung kebutuhan dari KPU sendiri. Beliaulah (KPU) yang mengajukan anggaran ke pemerintah atas persetujuan DPR. beralasan nggak pengajuannya. Nanti akan ditelaah oleh pemerintah dan DPR, beralasan ndak. Kalau beralasan ya, disetujui,” katanya.

Disinggung apakah lebih baik jauh-jauh hari KPU NTB mulai membicarakan besaran anggaran Pilkada dengan pemerintah dan DPRD? Politisi Partai Golkar ini mengatakan jika hal tersebut belum terlalu mendesak. Menurutnya, KPU tentu sudah berhitung, waktu yang cocok untuk membicarakan masalah ini dengan DPRD NTB. (ast)